It’s Spada Melaju dengan Rock yang Menderu

Artikel : Rizza Hujan

| HujanMusik!, Bogor – Dentingan bunyi keyboard di tepi awal membawa nuansa sedih nan gelap. Selepas itu, raungan gitar berpadu dengan hentakan drum serta cabikan bass menggema dengan garang. Tak lama, suara melodius melafalkan lirik dengan begitu merdu. Awalnya saya mengira suara lelaki, dan saya pun tertipu. Saya cukup terkejut sekaligus senang saat pertama kali mendengarkan single teranyar yang bertajuk “Without You” dari kolektif asal Bogor bernama It’s Spada ini. Membawa memori pada era 2000an saat gelombang musik Emo menerjang Indonesia, khususnya Kota Hujan.

It’s Spada mengaku sebagai band Alternative/Rock, tapi komposisi musik single ketiga ini berbeda. Seperti saya ungkap sebelumnya, ada rasa emo disana. Walau memang dasar rock yang menjadi pondasi tidak ditinggalkan. Dan karakter vokalis kuartet ini bikin saya merinding kemudian jatuh hati.

Band yang beranggotakan Med pada vokal, Gilang Ramadhan memainkan gitar, Deo Fitrah Alif sebagai penabuh drum, dan Farhamlatu memeluk bass, sukses mengguncang iman saya untuk memerhatikan mereka lebih jauh dengan menyimak dua single sebelumnya yaitu “Crazy Over You” & “ One Step To Be wiser” yang dirilis pada 2020 silam.

“Without You” sendiri ditulis oleh Med. Katanya lirik lagu ini bercerita tentang konflik batin yang berusaha ditumpahkan menjadi sebuah karya. Lebih jauh, lagu ini menceritakan drama percintaan sepasang kekasih yang sedang tercabik ego dan tokoh utama merasa gelisah ketika mendapati dirinya tersakiti namun tetap meminta sang kekasih untuk tetap tinggal. Mungkin peristiwa pilu ini benar dialami Med.

“Without You” dikerjakan di dua studio berbeda, yakni Fakehero Record & BTR Record. Selain itu, lagu muram ini diproduseri oleh DCDC Shoutout Bogor. Pasca dirilis dalam bentuk video lyric di kanal youtube it’s spada official pada 20 januari 2022, “Without You” juga sudah bisa didengarkan melalui seluruh platform digital yang ada.