Artwork single "Balada Pekerja"

“Balada Pekerja”, Angin yang Membawa Randi Ashra Kembali Berlayar Bersama NIL

Artikel : Rizza Hujan

HujanMusik!, Bogor – Pertama kali mendengar nama NIL saya mengira karena Randi Ashra Dahnial sebagai sang pencetus memiliki pengalaman spiritual saat merenung di pinggir sungai yang ada di Mesir itu. Tapi rupanya perkiraan saya itu terlalu mengada-ngada karena rupanya NIL diambil dari Bahasa Inggris yang artinya kosong atau non-existent dan awalnya merupakan ajakan proyek musik terbuka dirinya untuk rekan-rekan selingkaran yang ingin bermusik bersama.

Nama Randi sendiri sebelumnya dikenal sebagai vokalis band Cause telah menghiasi peta musik indierock/pop di kota Hujan sejak berdiri di tahun 2009. Namun perjalanan mereka terhenti setelah memutuskan bubar dengan digelarnya konser farewell pada 25 Februari 2017 silam yang menjadi penanda bahwa band kebanggaan Bogor itu telah resmi karam.

Meski demikian, bubarnya band yang membesarkan nama setiap personilnya ini tak lantas membuat mereka patah semangat untuk tetap bermusik. Selalu ada jalan untuk pulang ke rumah dan pasti ada momen untuk kembali ke musik. Salah satu yang akhirnya mantap untuk memulai mengembangkan layar dan memulai petualangan bermusik baru adalah Randi. Vokalis bersuara khas ini mencoba kembali dengan membawa moniker bernama NIL.

“Berangkat dari bubarnya band gua yang lama, kepikiran kalau punya project musik yang membernya ‘non-existent’ yang artinya gak akan bubar. Toh, gak ada membernya juga,” ungkap Randi.

Untuk membuktikan keseriusan bermusik, NIL merilis single kedua di bawah payung Hujan! Rekords (Label asal Bogor) Juli silam. NIL merilis single terbarunya bertajuk “Balada Pekerja” setelah sebelumnya ia memulai dengan debut” Cintamu Merdeka”.

Balada dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti sajak sederhana yang mengisahkan cerita rakyat yang mengharukan. Kadang bentuknya berupa nyanyian dan kadang berupa dialog. Dan Randi bersama NIL sukses meramu sekelumit cerita umum yang penuh dalam durasi singkat. “Balada Pekerja” dibungkus dengan melodi dan notasi vokal Randi yang unik namun catchy serta kuat dalam lirik yang berbicara soal dinamika pekerja.

Menurut Randi, lagu ini bercerita dari perspektif seorang calon karyawan.

“Waktu itu gua sedang membayangkan seorang calon karyawan yang sedang dalam perjalanan dari satu tempat melamar ke tempat lamaran terakhirnya walau kepikiran soal susahnya cari kerja, kalah langkah sama beberapa orang yang punya privilege, dan lain-lain,” tutupnya. 

NIL, lewat “Balada Pekerja” membuktikan langkah awal yang serius Randi di industri musik tanah air. Dirilisnya single ini juga menjadi bukti bahwa pandemi ternyata tidak mematahkan semangat musisi untuk tetap merilis karya, meski di masa yang sulit seperti sekarang.

“Balada Pekerja” dari NIL sudah bisa didengarkan di berbagai kanal Digital Streaming atau melalui tautan ini

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *