“Stars in Pursue” Asa Gluff dengan Album Perdana

Artikel Anggitane

| Hujanmusik, Bogor – Sonar mereda terlihat memipih dari kejauhan, menemani lelah yang sepersekian waktu enggan singgah. Menghujam dan menebar dengan beragam catatan.

Saya tengah dibalik britpop. Mengulas setumpuk nada yang tak pernah mulus dikuasai. Jari tak pernah berhasil menekan dan memetik panduan dengan benar, selalu berakhir dengan ragam jamaican.

Ah, saya memang picisan.

Akhir pekan silam, setelah lama tak menggoreskan catatan, sekelumit sonar menarik perhatian. Meluncur dari kancah per-label-an lokal bernama Forts Records yang menandai kemunculanya dengan talenta satu kota, Gluff.

Beriring perlahan dalam nadi yang di-supply sound yang saya rindukan, britpop, Gluff seolah mengajak untuk kembali megenali hujan dengan gembira.

Kisahnya bersama “Stars in Pursue” semacam ulasan perihal langit angkasa dengan keriuhan imajinasi tentang apa saja.

Artwork “Stars in Pursue” by Aryo Wicaksono

Gluff menempatkan “Stars in Pursue” sebagai track perkenalan album “Tomorrow Knows Something”. Album penuh Hafiz (vokal/gitar), Fian (backing vokal/gitar), Alwan (bass) dan Alif (backing vocal/drum), selepas melewati masa perekaman dua tahun terakhir.

Meski dalam catatan formalnya band yang bergerak dari Bogor ini menulis kepada HujanMusik! sebagai brit rock, telinga amatiran saya kukuh menikmatinya sebagai britpop, alih-alih indies. Tentu saja selepas menyimak 10 kisah lainnya yang mereka rilis secara streaming di platform musik digital sejak 15 Oktober 2021 lalu.

Toh terjemahan hujan dan angkasa yang saya bayangkan tak selaras dengan maksud Hafiz, sang penulis “Stars in Pursue”.

“Single “Stars in Pursue” dipilih Gluff dari 10 trek lainnya. Lirik, musik dan perpaduan vokal yang merepresentasikan Gluff, juga cerita cinta muda mudi hari ini,” tulisnya.

Peryataan yang coba dikuatkan gitaris Fian sebagai single kuat mewakili seperti apa Gluff saat ini. Representasi mereka dalam musik, lirik, juga aransemen lagu.

Sejatinya “Stars in Pursue” merupakan single penutup menuju kelahiran debut album “Tomorrow Knows Something”. Sebelumnya Gluff telah merilis 2 single, “Throw it Out” dan “Summerbloom”.

Cover album “Tomorrow Knows Something”. Photo by Agungllyn | Artwork by Aryo Wicaksono

Album “Tomorrow Knows Something” lahir dalam bentuk dokumentasi musik dengan muatan 11 lagu. Diluar “Stars in Pursue”, Gluff memperdenngarkan “Come and Play”, “Satisfactio”, “Leave It Away”, “Summerbloom”, “You Got Me (All Day Long)”, “Today & Tomorrow”, “Dance in the Rain”, “To Be Free”, “Throw It Out”, dan sebuah intro yang berjudul sama dengan titel album ini, “Tomorrow Knows Something”.

Gluff mantab bekerja sama dengan Forts Records. Sebuah label rekaman asal Bogor, untuk mendistribusikan karya mereka secara digital.

Keseluruhan single ini direkam di Ben’s Co Records, dibantu oleh Deni Noviandi untuk urusan proses recording, mixing dan mastering. Nama terakhir menjadi alasan kuat kenapa Gluff terdengar sangat alternative. Saya mengenal Deni sejak ia menjadi bagian komponen ‘Keluarga Berputar’ yanng tumbuh sebagai skena pengulas musik daratan Britania Raya.

Tak hanya merilis “Stars in Pursue” dalam format audio, Gluff juga telah merilis video musik yang digarap rekann sejawat mereka, Noverdy. Video musik bisa disaksikan di kanal Youtube resmi Gluff.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *