Rebel Suns, kolektif discofunk Jakarta.

Menakar ‘Over Again”, Perayaan Kaya Warna Rebel Suns

Artikel Anggitane

| Hujanmusik!, Jakarta – Gemerlap cahaya baru saja mulai, menepikan batas waktu yang kadang tak akur biramanya. Bergumul dengan dinamika berkecukupan dengan retorika. Bertolak sekejap, lantas melesat dengan semacam roket dalam balutan pop disco funk.

Titik tolak yang saya kenali sebagai bahan bakar kolektif Rebel Suns. Melontar dalam takaran konsistensi lantai dansa yang terjaga. Meneruskan momentum single terakhir mereka, “Over Again”.

Sebuah single kaya warna yang dirilis berbeda dari sebelumnya. Tentu saja dengan takaran berbeda dari beberapa waktu lalu, selepas “Hues” mengudara dalam alunan ballad.

“Over Again” membawa percampuran melodi synth dengan percikan riff gitar yang terdengar berkelas. Mengiringi alunan lagu dari awal sampai akhir.

Rasanya saya belum pernah mendengar pengaruh pop disco-funk lokal dalam karya-karya Rebel Suns sebelumnya.

“Over Again” membawa muatan tutur cerita yang menggambarkan pasangan dengan chemistry sempurna tapi tanpa status hubungan yang jelas. Bisa saja mereka sebagai teman, sahabat, kekasih atau apalah, prinsipnya mereka tetap bersama.

Segala intrik yang terjadi dalam hubungan mereka hanya akan berakhir menjadi cerita lucu yang ditertawakan bersama. Layaknya Ross dan Rachel dari serial komedi Friends, atau Nick dan Jess dari New Girl.

Coba saja nikmati gaya bercerita vokalis Dai Ramadhani yang nostalgic. Dipengaruhi berbagai aliran musik, mulai dari fusion funk, disko, J-pop, dan K-pop. Para pengusung Rebel Suns menyelaraskannya menjadi harmoni yang menumbuhkan sensasi ‘Senoparty’.

Mood yang ditawarkan dapat menjadi pemantik kesenangan, menumbuhkan rasa percaya diri, dan meramaikan segala jenis pesta. Semua ini berkat pengaruh artis-artis yang ada dalam audio moodboard Rebel Suns yakni Chelmico, Asako Toki, BTS, dan Childish Gambino.

Dai Ramadhani dan Gilang Wisnandar adalah kuasa utama sekaligus penulis lirik “Over Again”. Sementara pada barisan composer ada dukungan Rino Darusman, Rodrigo Leeroy, dan Ivan Ardihernawan yang memiliki peran sebagai engineer. Merekalah yang memastikan lantunan melodi “Over Again” hinggap sampai di telinga pendengarnya dengan harmonis.

Petikan gitar Pandu Priyanto mengiringi lagu ini, sementara aransemennya disusun oleh Raditya Bramantyo, dengan arahan vokal dari Heston Prasetyo yang dikenal lewat VINTONIC.

Suara latar mengalun harmonis dari Rachel Florencia, Carissa Reiko, Shane Tiara, Adiva Ramadhani, Rodrigo Leeroy, Heston Prasetyo, dan Ivan Ardihernawan.

“Saya merasa OVER AGAIN adalah lagu yang fun, nostalgic, dengan nuansa dansa yang bisa menemani Anda hampir kapan saja, sepanjang hari. Ada sensasi groove, nostalgia, dan lirik yang menyenangkan untuk siapa saja. Nuansa yang ditawarkan seperti mengenalkan kembali Rebel Suns dengan cara yang menyenangkan,” tulis bassis Gilang Wisnandar, sebagaimana rilis yang dikirimkannya kepada HujanMusik!.

Senada dengan itu, vokalis Dai Ramadhani mengingatkan bahwa “Over Again” merupakan playlist yang tepat untuk sekedar perayaan.  

“Over Again” telah mengalami proses mixing oleh Ano Stevano. Nama yang sama untuk produksi Raisa, Coldiac, Rahmania Astrini dan Kunto Aji. Sementara untuk mastering ada nama talenta Korea Selatan bernama Kwon Nam Woo dari @821Sound yang juga menangani  IZ*ONE, IU, TWICE, SuperM, Apink, dan DPR Live.

Sementara kolektif musik Make Friends Not Enemies (MFNE) bertindak sebagai produser yang mengawal kesuksesan lagu ini.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *