Soultan: musisi Blues Rock asal Jakarta

Imajinasi Blues Rock Soultan yang Nyata Bersama Legenda

Artikel Anggitane

| Hujanmusik!, Jakarta – Serabut mimpi seperti baru singgah. Menghambur dalam bentang layar dengan kita didalamnya. Mimpi ada diri dengan panggung megah tanpa beban pandemi. Mimpi yang semoga saja segera nyata. Se-nyata kolaborasi musisi Soultan dengan idolanya, Gugun “GBS” dan Emmy Tobing.

Sesuatu yang pastinya tidak datang begitu saja. Proses panjang mengisi celah perjalanan musiknya. Soultan membawa “Roda Dua”, “Sing by Your Name”, dan “Sementara” sebagai urutan jalan pembuka. Menawarkan khasanah rock yang tak banyak dimainkan musisi muda. blues rock.

Kini, Soultan, solo artist pendatang baru itu merilis album perdananya bertajuk  “Imajinasi” dengan harapan untuk menghidupkan kembali budaya musik blues rock yang ditekuninya.

Album “Imajinasi” telah rilis pada tanggal 5 Februari 2021. Sebuah album kampanye blues berisikan sembilan lagu. Satu dari album blues rock lokal yang beredar. 

Sebagai solo artist, Soultan telah menyelesaikan rekaman di Tema Studio dengan barisan ritem papan atas dari studio itu sendiri. Sebut saja nama Yandi Andaputra pada drums dan Zulkarnain pada bass

Berikutnya, Soultan melakukan beberapa kolaborasi dengan 2 musisi blues Indonesia yang disegani, Gugun “GBS” dan Emmy Tobing. Kedua legenda itu menjadi warna nyata dalam albumnya. Tak hanya secara rekaman audio saja, bahkan Gugun juga tampil dalam video live session “Singing by Your Name”. Gitaris yang juga frontman dari Gugun Blues Shelter itu tampil dalam video yang dirilis akun Youtube Soultan Music.

Berkolaborasi dengan Gugun dan Emmy, membuat Soultan merasa sangat senang karena bisa membawa satu obor bersama kedalam skena musik Indonesia dengan tokoh yang dianggapnya mentor dan idola.

Soultan mengaku bahwa dalam penulisan lagu untuk album “Imajinasi” terinspirasi dari sudut pandang dirinya tentang prinsip-prinsip hidup, pengalaman dunia nyata yang diterima dan dengan tambahan sentuhan imajinasi. 

Simak! di HujanMusik! : Kisah-Kisah Soul Less Arya Novanda

Konsep lagu yang padat dengan nuansa musik era 60-an dan 70-an. Membawa pendengarnya bisa meraskan nuansa yang sama dengan sentuhan rekaman modern. 

Dengan sepenuh hati album “Imajinasi” diharapkan dapat menjadi pintu untuk menghidupkan kembali budaya musik blues rock lagi.

“Proses kreatif dalam album ini cukup unik karena setiap Soultan membawa materi-materi baru ke studio, dalam sejekap, Yandi dan Mas Zul dengan mudah menginterpretasikan bagaimana memperlakukan materi-materi dengan cara yang tepat,” tulis Soultan dalam rilis yang diterima HujanMusik! 

Lalu, dalam sebuah frekuensi dengan jiwa musik rock era 60-an dan 70-an yang sama, mereka membawa keseruan bersama Soultan dan Tema Studio untuk menikmati produksi album ini. 

Konsep artwork album “Imajinasi” digarap dengan dukungan seorang seniman digital bernama Eberta. Ia mempresentasikan musik Soultan sebagai sesuatu yang dapat dikonsumsi dan mudah dirasakan pengalamannya dengan indera yang ada. 

Botol merepresentasikan musik sebagai minuman, jadi pendengar dapat menyicipi atau meminum semua yang ada dalam botol itu. Cairan merepresentasikan semua materi dalam album yang dapat memberikan pengalaman yang berbeda bagi yang mengkonsumsinya. 

Itu adalah alasan mengapa cover albumnya sebuah botol dengan cairan imajinasi dari Soultan di dalamnya.

Semua yang berpartisipasi dalam album “Imajinasi” berharap agar album ini bisa memberikan sensasi baik pada pendengar dan menyalakan jiwa budaya musik blues rock di Indonesia.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *