Eksplorasi dan Kolaborasi “Terobsesi” Jeans Roek

Eksplorasi dan Kolaborasi “Terobsesi” Jeans Roek

Artikel Anggitane

| Hujanmusik!, Bogor – Ini kisah para penjaga nyala. Pemilik karya yang tak lelah mengabarkan bahwa mereka masih ada dan tetap menjejak dunia. Menjaga api semangat, membebaskan ruang untuk tampil dan berpikir.

Persis bagaimana Jeans Roek bergulir dan memaparkan bahwa mereka sudah berada pada album ketiga dan keempat. 

Kisah album rock n roll yang saya dengar kali pertama tiga tahun silam, namun hingga kini belum berhasil menemukan bentuk fisik, pun rilisan digital dalam formasi penuh. Di Spotify saya hanya menemukan satu diskography “Here We Are Shut Your Mouth” rilisan 2016 silam.

Ah…Saya tak heran dan menurut sabar, toh sejak semula Koran, inisiator dan motor kolektif Jeans Roek tak pernah mematok target. 

Mengikuti aliran energi saja. Berkarya dengan memaksimalkan materi yang ada, menyempurnakan karya demi karya dalam album ketiga dan keempatnya. Memilih mengeluarkan single dalam bentuk video musik.

Terakhir merilis karya delapan bulan silam, Jeans Roek yang tekun kolaborasi dengan beragam teman, musisi dan seniman satu kota-nya itu kembali merilis single video musik terbaru dari album ke-3 mereka.

Sebuah lagu yang menempatkan judul “Terobsesi”, buah kolaborasi dengan Fikar Hariansyah, sosok yang dikenal sebagai pengisi vokal Rasvala. 

“Terobsesi” menjadi salah satu lagu yang nantinya bakal hadir di album terbaru Jeans Roek yang berjudul “For all My Friends 1”.

“Terobsesi” terdengar lebih eksploratif. Tak lagi membubuhkan rock n roll liar yang berkejaran. Beberapa part gitar justru terdengar lebih nyaman. Musikalitas yang memuat  Sikoran (vokal & gitar), Fikar (vokal), Satria Aji Pamungkas (gitar), Nopa Anugrah (drum) dan Dwi Nugroho (bass).

Lirik ditulis oleh Iwseda a.k.a Opedh, salah satu kolega mereka. Menceritakan tentang seseorang yang terobsesi menjadi orang lain hingga melupakan karakter dan jati diri-nya sendiri.

Video musik yang dirilis di akun Youtube Jeans Roek pada Januari 2021 itu menampilkan Fathia Irhami, seorang selebgram, untuk menjadi model utamanya.

“Awalnya gua suruh dia dandan sama mengekpresikan aja depan kamera, ga gua kasih tau bakal jadi video klip hahaha. Gua ngerasa cocok, soalnya kan lirik lagu sama tujuan hidup dia hampir sama persis, jadi ya kenapa ga sekalian dia aja modelnya. Kebetulan dia adek kelas gua juga di kampus, jadi aman lah ga bakal ngambek,” ungkap Koran, saat mencetuskan ide gilanya ini.

Untuk fase olah gambar, Koran mengajak dan mempercayakan kolaboratornya dalam “Terobsesi” untuk  mengedit video. Menurutnya, Fikar sang vokalis Rasvala itu tepat menjadi sosok editor, agar video yang dihasilkan terasa lebih berwarna dan tidak monoton seperti video musik Jeans Roek lainnya.

Lagu ini bakal hadir dalam album ketiga yang nantinya bakal release bareng dengan album keempat Jeans Roek. Album yang hingga kini masih belum terlihat tanda tanda pereleasanya.

Tak apa, yang penting tetap berkarya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *