Narasi Britpop Gluff Menuju Album

Narasi Britpop Gluff Menuju Album

Artikel Anggitane

| HujanMusik!, Bogor – Suatu waktu, saya pernah tergelitik perihal kejujuran dalam institusi maya. Sebuah ruang yang sejatinya kita bisa menjadi apa saja. Muka dua dengan beragam interaksinya, baik sosial maupun individualistis satu arah. Sadar bahwa dunia koneksi yang terhubung dengan perusahaan mesin pencari era web 3.0, tak menjamin privasi dalam rentang aman. Toh dengan sukarela kita tetap berada dalam keniscayaannya. Pun halnya media sosial kita. Persis seperti narasi yang diungkit Gluff dalam lagu berjudul “Summerbloom”.

Narasi seputar fenomena sosial dalam budaya kehidupan modern terus berkembang. Tentang bagaimana citra setiap individu dalam sebuah profil dari akun sosial media dapat berbanding terbalik dengan pribadinya di dunia nyata.

Gluff adalah kolektif britpop asal Bogor yang menarasikan fenomena diatas menjadi poin dan benang merah untuk single terbarunya. Mengkritisi fenomena individu yang mendramatisir eksistensi dunia maya.

“Summerbloom”merupakan salah satu trek lagu yang akan masuk dalam album perdana Gluff. Band yang terbentuk pada awal tahun 2018 dan diperkuat Alfian (Gitar/Back Vocal), Hafiz (Gitar/Lead Vocal), Alwan (Bass), dan Alif (Drum). Mereka mengaku banyak terinspirasi oleh estetika musik Inggris 90’an

Bagi Gluff, “Summerbloom” tak sekedar rilis single. Melainkan perayaan kecil mereka setelah sukses menempatkan single kedua. Sebelumnya mereka sudah mengeluarkan single berjudul “Throw It Out” pada awal Januari 2020. Katakanlah ini semacam noktah kedua demi menguji keseriusan mereka merilis album perdana. Rencananya setiap single yang dirilis selalu diiringi oleh lagu B-side. Untuk kali ini dipilih sebuah tambahan lagu berjudul “Old Friend” untuk menemani “Summerbloom”.

Menajamkan pendengaran dan menikmati “Summerbloom” terasa ketukan drum, bassline, dan hook gitar yang saling memadu satu sama lain. Seperti menemukan Stereophonic dan Bangkutaman cek sound dalam dua panggung berhadapan. Tak lupa vokal yang on point, sing along dan tidak bertele-tele. Dibawakan dengan artikulasi bahasa Inggris yang tipis celah minornya. Lalu repetisi dalam chorus bak menekankan kembali gairah bernyanyi britpop. Seperti menemu kembali common people yang konsisten dengan gaya dan sikap ala Britpop.

Gluff bekerjasama dengan Forts Records. Sebuah label rekaman domisili Bogor yang juga merilis single mereka sebelumnya. Label ini juga-lah yang nantinya akan dipercaya untuk merilis album perdana mereka tahun 2021 ini.

Keseluruhan proses pembuatan single ini direkam di Bens’n Co Record, dengan tambahan perekaman drum yang dilakukan di Fakehero Record, instrumen keyboard pun dibantu oleh Fadhil Naufal, dan juga oleh Deni Noviandi dalam proses mixing dan mastering.

Catatan tambahan, Gluff tak hanya merilis “Summerbloom” dalam format audio, tetapi juga merilis music video yang telah tayang dan beredar di kanal Youtube Forts Records. Semua konsep dan produksi video dilakukan oleh Ricky Volta, videografer kawakan asal kota hujan.
Single dan music video “Summerbloom” sudah dapat didengar di beberapa kanal musik digital seperti Spotify, YouTube, Itunes, Apple Music, Deezer dan Joox sejak 27 November 2020 lalu.

Ah, jadi merindukan suasana konser di Bogor dengan Piknik, Pink Glove, Sweet Sunday Holiday dan kerabat Keluarga Berputar sebagai talentnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *