Meneguk Jalan Lompat Mental Trip

Meneguk Jalan Lompat Mental Trip

Artikel Anggitane

| HujanMusik!, Bogor – Saya menjuluki ia sang pejalan. Sosok menjulang yang sempat saya hadiri prosesi pernikahannya meski katering makanannya menuju pungkasan. Tipikal anomali generasi saat itu yang memilih nama akun twitter @siPejalankaki, sebelum pindah lapak menjadi @pandaikata. Ya, ia adalah Lingga Wastu, salah satu idola saya di kota Bogor. Pejuang grup Hip Hop bernama dE’KRU sebelum bubar 2010 silam. Kini, melalui cara uniknya ia kembali ke permukaan dengan sebutan Mental Trip, lengkap dengan single “Lompat Jurang” yang berkolaborasi dengan Insane dan juga Dionaldy.

Seperti ditampar pelanggan yang salah hidangan pesanan, “Lompat Jurang” menjadi nomor mengejutkan kesekian. Sebelumnya Mental Trip sukses melepas album “5 Steps To Perfection”. Album penting kemunculannya yang berisi 5 lagu bertema personal dan kontemplatif pada 26 Juni 2020 lalu.

Begitulah cara pamer karya Mental Trip, diam tapi tak berdiam. Menekuni Hip Hop sejak tahun 2006 secara grup, lantas merambat secara mandiri dengan beberapa single seperti Gloria, Ego Trip, dan Selongsong Kosong yang bisa didengarkan di beberapa digital platform. Semua dilakukannya disela-sela profesinya sebagai pemegang mikcrophone di sebuah studio radio di Jakarta.

“Lompat Jurang” merupakan karya kolaborasi Mental Trip dengan Insane, seorang rapper dan penggerak komunitas Hip Hop asal Bandung dan Dion seorang musisi sekaligus produser yang telah membantu beberapa artis ternama di Indonesia. Dion merupakan pemain keyboard yang banyak terlihat pada aksi panggung Rayi, Asta dan Nino (RAN). Kolaborasi ketiganya mampu menambah keriuhan karya Hip Hop kota yang sudah ada.

Mendapati “Lompat Jurang” saya seperti melihat cermin diri. Sebuah nomor Hip Hop yang bercerita tentang tiga orang sahabat yang sudah lama tidak bertemu. Dalam reuni kecil itu mereka bercerita tentang “Pernikahan” dan perubahan yang dialami sejak masa pacaran hingga sampai sekarang menikah. Bisa jadi lirik yang mengalir merupakan refleksi para kolaboratornya.

Apalagi dalam rilis yang diterima HujanMusik!, “Lompat Jurang” nyata-nyata terinspirasi dari lagu Maliq & D’Essentials yang berjudul “Dia”. Lagu Mental Trip “Lompat Jurang” dikemas sederhana dengan sample musik dan beat yang easy listening.

Secara metaforik, “Lompat Jurang” merujuk pada lompat ke dalam kehidupan baru yang penuh dengan perjuangan dan tantangan, yaitu pernikahan. Lagu ini bertujuan untuk memberi semangat kepada semua orang yang sedang mempersiapkan pernikahan maupun yang sudah menjalani pernikahan selama pandemi COVID-19.

Mendengarkan “Lompat Jurang” memang cukup asyik. Seperti dinasehati tanpa digurui.

“Beat laidback-nya asik banget. dengan lirikal yg ringan, sedikit jenaka tapi ada pesan tentang hidup dan harapan. Cocok untuk dinikmati saat merenung sore menjelang malam dan selanjutnya, deep conversation dengan orang terkasih sampai pagi.” Tulis Panji, seorang Music Director.

Pun saya kemudian mafhum dengan ungkapan Eizy, seorang rapper dan content creator yang memperhatikan story telling dan beat yang dihasilkan.

“Story telling ngena banget, beat simple tapi chill parah, flow sama vibe- nya bikin makin parah,” tukasnya.

Kalau memang demikian adanya mau bagaimana?. “Lompat Jurang” nyatanya memang lagu Hip Hop yang asyik. Jelajahi saja Spotify dan semua digital platform. Official video music juga bisa dinikmati di YouTube Mental Trip sejak 16 Oktober 2020.

Terus lompat Mental Trip

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *