Dendang Larung Tentang Calonarang

Dendang Larung Tentang Calonarang

Artikel : Anggitane

[HujanMusik!], Tangerang – Kisah itu terdengar bertautan, memejam dan mendendam. Masing masing instrument seperti menghunus dan menahan untuk ditebaskan ke segala penjuru. Sihir-sihirnya mendayu menjelma nada yang terbang menari menebar keengganan. Memaksa orang-orang yang sembunyi keluar dan menyimak pertanda. Bahwa ada Larung yang tengah berdendang tentang “Calonarang”

Sebuah kisah legenda yang ditulis dan kemudian dinyanyikan Unay Okami (vokal/bass) bersama Joshua JJ (vokal/gitar) dan Wahyu (drum). Tentang seorang penyihir sakti dari tanah Kediri yang bernama Calon Arang. Untuk generasi kebanyakan dan awam mungkin lebih mengenal warisannya, yaitu Leak yang tumbuh subur sebagai seni tradisi di Bali.

Larung merupakan buah pertemuan pemikiran dan kesukaan pada suatu arus musik. Para pengusungnya mengaku bertemu kali pertama pada sebuah pagelaran musik di kampus seni paling mainstream se-Jakarta, dua orang yang cenderung absurd, Unay (Bass, Vokal) dan Joshua (Drum) memutuskan untuk membuat band yang diberi nama Larung. Duo bass drum coba mereka tawarkan sebagai gagasan absurd menembus peta musik komunitas. Keduanya mengkombinasikan punk dan funk.

Simak! di HujanMusik! : “Pengembaraan Rock Antar Kota Shankara”

Seiring dengan berjalannya waktu, Larung semakin tumbuh liar, tidak ada lagi genre spesifik yang mereka sasar sebagai kiblat. Modal perkumpulan di lingkar pertemenan di kota asal mereka, Tangerang , sudah cukup untuk berbunyi dengan gagasan yang semakin mumpuni. Secara sound Larung menitik beratkan musiknya pada distorsi bising, gebukan drum yang agresif, serta vokal yang mengalun dan melodius.

Selepas empat tahun memilih menyusuri takdir sebagai band studio, Larung akhirnya memutuskan untuk lebih serius. Ditandai dengan masuknya seorang personil baru yang sama absurdnya. Lantas Larung bertransformasi dari duo menjadi trio dengan perubahan formasi Unay Okami (Bass, Vokal), Joshua (Gitar, Vokal) dan Wahyu (Drum). Makna serius yang kemudian mereka wujudkan dengan merilis single pertama mereka yang bertajuk “Calonarang” dalaam bentuk video lirik pada tanggal 13 Mei 2020 di kanal Youtube Larung.

“Calonarang” menjadi perspektif lain seorang Unay Okami untuk memuluskan karya perdana band-nya. Dalam cerita Calon Arang kebanyakan melihatnya sebagai penyihir yang jahat, sementara Unay Okami lebih mengangkat sisi keibuan seorang Calon Arang yang sangat mengasihi putri tunggalnya. Tema yang telah dibangun oleh Unay Okami tersebut, dibalut dengan dinamika musik yang pasang surut antara kasar, groovy dan lembut, serta sedikit sentuhan nuansa horor.

Single “Calonarang” selain rilis dalam video lirik juga telah terbit dalam format audio di platform digital seperti Spotify, Apple Music, Joox, Shazam, Deezer, Tiktok. Semuanya resmi beredar pada tanggal 25 Mei 2020.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *