Kisah-Kisah Soul Less Arya Novanda

Kisah-Kisah Soul Less Arya Novanda

Artikel : Anggitane

[HujanMusik!], Jakarta – Jejak malam masih meninggalkan sisa, mengiring pagi dengan enggan, seolah tak mau berpisah meski gelap terang hanyalah soal perputaran ruang. Sementara hujan diluaran berusahan meniti, derainya tak mampu menghapus noktah hari kemarin. Semuanya masih berterbangan, seperti jiwa-jiwa yang menipis. Persis kisah-kisah soul feeding and love making yang ditahbiskan Arya Novanda dalam “Soul-Less”

Tautan kisah “Soul-Less” merupakan jejak single yang membawa saya pada upaya-upaya penghapusan dosa. Penyadaran bahwa jiwa kosong hanya memperdalam kehilangan makna sejati. Begitulah terjemahan bebas saya ketika menilik “Soul-Less”, single ketiga Arya yang rilis tahun 2020.

Arya Novanda adalah seorang soloist, gitaris cum vokalis ber-charisma rockstar yang disebut ‘the next big thing’. Ia kembali menghadirkan single terbaru ke-3 yang funky, soulful, meaningful dalam takaran musikalitas yang mumpuni. Lagu yang bertutur tentang dunia saat ini yang menurut Arya “soul-less”, “sexy-less”, “funky- less”, less love, less truth.

Menurutnya, kualitas manusia era sekarang menurun drastis di banyak aspek penting. “Soul itu penting di hidup. Cuma sedikit orang yang peduli dan ‘punya’ soul saat ini. Ini bukan soal akal”, tulis Arya. Seperti menjelaskan salah satu maksud kata-kata Arya di lagu “SOUL-LESS”.

Simak! di HujanMusik! : “Boskin, Melodius Kebangkitan Blues Ardianov”

Sungguh sayang sekali, manusia kebanyakan saat ini tidak ‘hidup sepenuhnya hidup’ dan tak mau mengenal dirinya. Jiwa nya kosong, tidak di-asah. Tidak percaya pada diri sendiri. Tak ber-makna. Ini pengaruh nya sangat luas dan kuat untuk ‘diri’ manusia.

“Mayoritas gak sadar masalah ini, saya harus speak up untuk dunia yang lebih baik. Love is strong. Life is funky. Feed your soul. Be present. Don’t rush. Take your time. Get to know yourself. Music is all around you. L-I-V-E and make L-O-V-E”, tutur penggemar Jimi Hendrix itu pada rilis yang diterima HujanMusik!.

Arya barangkali tengah menjelaskan siapa dirinya, sosok yang tak asing untuk perkumpulan musik dan musisi tanah air. Peman gitar band Blackteeth ini sering berkolaborasi dengan band-band ternama papan atas dan juga mendapat pujian dari musisi-musisi legend, salah satu nya Bimbim Slank. “Dia something nih”, ujar Bimbim saat pertama kali mendengar dan me-reaksi single ke-2 Arya berjudul ‘The Wonder’ di Planet Potlot (youtube) beberapa waktu lalu.

Something yang sama ketika Arya merekam solo blues gitar lagu “Soul-Less” di dalam kamar mandi untuk mendapatkan karakter sound solo gitar yang dia mau. Secara khusus lagu ini di mixing dan di mastering di Soup Studios di London.

“Ini jelas bukan musik blues. Blues rock cuma salah satu elemen favorit saya. Selama saya hidup dan mendengar, warna warni dan berbagai musik masuk ke diri saya. Saya menggabungkan berbagai elemen yang saya cinta itu menjadi satu, menjadi musik dan bentuk saya. Menjadi authentic. Menjadi saya”, tambah Arya.

Ia perlu merasa menjelaskan dirinya yang banyak di-stereotype-kan oleh orang-orang. Tak salah memang, mengingat ada predikat “The best blues band in Indonesia (for me at least)”, pada unggahan Sandhy Sondoro di Instagram nya setelah menonton live performance Arya Novanda bersama band nya saat membawakan blues pada Oktober 2019 di Rumah Lestari M BLOC, Jakarta.

Begitulah Arya, terus menggelinding dengan ide-ide musiknya.

 

https://youtu.be/p0NR-_OUZs8?list=RDEMweUdYgJPKdFsEdzYomGq-A

One thought on “Kisah-Kisah Soul Less Arya Novanda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *