“Ksatria”, Cara Rasvala Meniti Perkara Masa Depan

“Ksatria”, Cara Rasvala Meniti Perkara Masa Depan

Artikel : Anggitane

[HujanMusik!], Bogor – Gugat diri seperti menampar, membenamkan pikiran dalam lautan jelaga. Menenggak, meraup hingga memuntahkan sekenanya. Tak ada kepastian yang bisa menjadi rujukan jika ini semua akan membaik. Semua penanda mengarah pada kejemuan, semua akan luruh pada waktunya. Paling tidak hingga munculnya “Ksatria” baik yang meniti pada kisah perkara masa depan. Begitupun Rasvala.

Saya tengah berbincang dengan tiang pancang. Diantara rute menyusuri pematang sisa proyek yang tertunda. Guratan beton gorong-gorong menyadarkan untuk singgah dan melamun sejenak. Mengikuti sajian Rasvala, rock/grunge asal Bogor yang kini berkekuatan inti Renal (gitar) Rifal (bass) dan Fikar (vokal). Mengeruk urat pendengaran demi memastikan bahwa ini adalah karya baru mereka.

Simak di HujanMusik! : ““Logika Analog” : Anak Tangga Pertama Rasvala Menuju “Sanguinis””

Single “Ksatria” meluncur seperti kunci jawaban karya yang terjeda selepas rilisan “Suci” awal tahun lalu. Memberi bukti bahwa mereka tak suka berlama-lama dengan janji dini hari bahwa akan ada album tahun ini. Pendeknya Rasvala tak perlu waktu lama bagi band yang bermarkas di Bogor ini untuk tetap berkarya. Pun ketika bumi sedang dipenuhi situasi pandemi. Penduduk bumi mengalami musibah yang tak kunjung belum berhenti.

Rasvala dan “Ksatria” adalah titian baru para personil berikut para pendukung disekitarnya. Mengukir perbaikan cita-cita sebagaimana niat utama bertahan dalam dunia musik mereka.

“Meniti pada kisah perkara masa depan” sebuah cita-cita untuk memperbaiki nasib demi memberi penghidupan yang lebih baik. Tak hanya untuk diri sendiri, namun juga untuk orang-orang yang terkasih. “Ksatria” digambarkan dalam tema yang unik serta usaha melembutkan tensi yang dipadukan dengan kesederhanaan. Dalam amatan serampangan saya mereka cukup berhasil menciptakan formula baru yang menarik untuk disimak, apalagi berkat rilisan yang dibuat dalam format musik video.

Tensi musik yang perlahan dan memuncak. saling berganti secara harmonis. disambut drive yang tajam menghasilkan dinamika baru bagi rasvala. Tak heran, diluar personil ada nama Deni Noviandi yang bertindak sebagai sound engineering pada single ini.

4 menit single berputar terasa padat. Usaha keras Rasvala demi merefleksikan keseluruhan tema dan konsep “Ksatria” cukup berhasil. Refleksi pada setiap insan yang selalu berusaha memberikan segala yang terbaik untuk yang terkasih. Seperti pada tokoh utama (kakak) yang berusaha memberikan makanan terbaik untuk adiknya. Meskipun harus menempuh perjalanan jauh dan bersabar dalam mendapatkan ikan hasil pancingan yang kemudian dihidangkan untuk sang adik.

Visualisasi musik didukung penata kamera Adji Amrsyax dan editor Sopiyan Nugraha. Sementara perekaman musik dan vokal dilakukan di Bens ‘N Co Records dengan produser Benhardi Oki Santoso. Sound yang padat juga muncul berkat hasil tangan mixing dan mastering Rizqtsany.

Video musik Ksatria dapat disimak secara lengkap di kanal youtube Rasvala sejak Juli 2020 lalu.

.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *