“Dan Bila” Mondo Gascaro Ditangan Pablo Cikaso

“Dan Bila” Mondo Gascaro Ditangan Pablo Cikaso

 

Artikel : Anggitane

 

[HujanMusik!], Jakarta – Karya bagus sejak pertama ia dibungkus dan disebarkan, tetaplah meninggalkan jejak nilai bagus. Ditangan ahli dengan citarasa mumpuni ia kembali menjadi materi yang bahkan lebih baik dalam kemasan berbeda. Sama seperti cerita “Dan Bila”-nya Mondo Gascaro ditangan Pablo Cikaso, berwujud re-mix menarik untuk ukuran telinga penyukanya.

Pablo Cikaso, sebuah pseudonym dari seorang Raka Suryakusumah. Seniman bebunyian yang selama ini dikenal melalui kanal Youtube-nya yang kerap mengunggah remix dan aransmen ulang karya-karya dari musisi lokal seperti White Shoes & The Couples Company, The Adams hingga rapper internasional Rich Brian.

Kali ini bekerjasama dengan Ivy League Music, Pablo Cikaso melakukan remix pada salah satu karya Mondo Gascaro, “Dan Bila” yang diambil dari album Rajakelana.

 

Simak di HujanMusik! : “Medium Bunyi Mondo Gascaro dalam Konser “In A Silent Way””

 

Pablo Cikaso dengan talentanya menangkap daya tarik lagu “Dan Bila”. Lantas dengan segenap insting musikalitasnya ia kemudian melakukan re-mix dan aransmen ulang seturut style 80’s city pop yang menjadi rujukannya. “Dan Bila” dipilih lantaran Pablo menilai sebagai sebuah lagu yang begitu eargasm, cocok dengan musik yang ia buat.

““Dan Bila” adalah lagu yang pertama saya dengar dari album Rajakelana”, tuturnya. Sebagaimana rilis dari Ivy League Music yang diterima HujanMusik!.

Dalam proses produksi re-mix lagu ini, Pablo Cikaso melibatkan beberapa orang, diantaranya artwork dan visual yang dibuat oleh Yuwanda dan mastering oleh Indra Adhikusima dari Red Studio Bandung.

“Dan Bila” kemasan Pablo Cikaso’s 80’s version resmi dirilis sejak tanggal 10 April 2020 lalu. Karya re-mix kali ini terasa berbeda dengan karya-karya Pablo Cikaso sebelumnya. Jika re-mix lainnya cukup ia gulirkan pada akun Youtube-nya saja, untuk re-arrangement “Dan Bila”, selain dirilis di Youtube, juga rilis pada platform-platform music digital lainnya. Model rilisan kolaborasi yang memang menunjukkan keseriusan memanjangkan karya.

Selain kolaborasi antara Mondo Gascaro dan Pablo Cikaso dengan re-mix “Dan Bila”, Ivy League Music dijadwalkan akan segera merilis project re-mix karya-karya Mondo Gascaro lainnya, berkolaborasi dengan beberapa musisi berbeda genre.

….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *