Tangguhnya Pejuang LDR Afifah Yusuf

Tangguhnya Pejuang LDR Afifah Yusuf

 

Artikel : Johanes Jenito

 

[HujanMusik!], Bandung – Banyak yang mencibir dan tak yakin akan Long Distance Relationship (LDR). Hubungan jarak jauh dituding rentan perpisahan. LDR, yang rmengandung kadar intensitas pertemuan rendah, acapkali jadi alasan berakhirnya romantika.

Tapi bagi Afifah Yusuf adalah sebaliknya. Dengan ringan ia bersenandung seperti ini, “Kala aku mendengar. Selamat pagi-ku, selamat malam-mu. Rasanya bahagia. Disambut kasih di benua berbeda”

Senandung itu adalah bagian dari rilis single lagu kedua berjudul “Benua Berbeda”. Suaranya berkarakter ditengah irama lagu pop nan ringan. Talenta penyanyi senior Hetty Koes Endang, yang tak lain adalah ibundanya, menitis nyaris sempurna. Buah memang tak jatuh jauh dari pohonnya.

 

Simak di HujanMusik! : “Bahagianya Ratih Putria”

 

Afifah mengakui bahwa lirik lagu dalam single terakhirnya lagi-lagi berasal dari kisah pribadinya. Ia menuliskannya di tahun 2017. Bersama pasangannya, LDR dijalaninya dalam zona waktu berbeda antara Indonesia-Amerika. Momen-momen menunggu dan penantian untuk pertemuan selanjutnya adalah mood dalam lagu ini.

Rasa itu tercurahkan dalam nuansa bahagia, jauh dari sedih dan galau. Afifah justru mendeskripsikan lagunya dengan sebuah semangat agar para pejuang LDR jangan menyerah. Yakinlah untuk perjumpaan romantik di lain hari dan lain waktu hingga kebersamaan hadir untuk selamanya.

Bersama Ari Renaldi (music arranger, drums, keys, percussions, dan loops), Topan Abimanyu (guitar), Rudy Zulkarnaen (bass), dan Wisnu Mawlana (trumpets), Afifah merekam lagu ini di Aru Studio, Bandung. Bersama Afifah, Amir Saatari dari Gaota Records bertindak sebagai produser.

Pada 17 April 2020 single kedua ini drills pada beragam kanal media digital menyusul siingle pertama yang berjudul “Rasi Bintang” pada pertengahan Januari 2020 lalu.

“Benua Berbeda” rasanya juga relevan dengan situasi pandemi akhir-akhir ini. Physical distancing membuat kita semua menunda pertemuan secara fisik dengan keluarga, pasangan, kerabat atau orang-orang terkasih lainnya.

Maka bersabarlah. Semua akan indah pada waktunya. Seperti Afifah yang telah menaikkan level kisah romansanya lewat pertunangan di Juni 2020 dengan lelaki LDR-nya dalam adat Bugis-Makasar. Selamat!

….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *