Tinjauan Religi Cinta Sandhy

Tinjauan Religi Cinta Sandhy

 

Artikel : Anggitane

 

[HujanMusik!], Jakarta – Lagu religi itu seperti tak berseri, senarai karya cipta yang lahir terus-menerus, seiring kebutuhan refleksi dan curahan pengalaman batin manusia. Tak hanya penyanyi atau penciptanya saja yang turut beramai-ramai menguak momentum, pendengar dan kaum penyimaknya juga tak sepi dari larut yang melingkarinya. Seperti halnya Sandy Sondoro yang berkisah seputar rasa kasih sayang dan cinta kasih terhadap sesama, seperti tinjauan cinta religi Sandhy dalam single terbarunya “Jadilah Cinta”.

Temuannya tentang rasa kasih sayang dan cinta kasih terhadap sesama mencuat ketika banyak sebagian dari penghuni bumi ini saling menghujat satu dengan lainnya. Lunturnya rasa kemanusiaan, saling menyayangi baik terhadap sesama maupun kepada alam semesta. Sebuah situasi yang menurut Sandhy kian mengoyak Nurani, apalagi ditambah dengan munculnya Coronavirus (Covid-19) yang saat ini sedang mewabah di seluruh dunia. Kondisi ini pun membuat resah seluruh umat manusia secara global.

Atas amatannya tersebut, maka terciptalah “Jadilah Cinta” dari musisi dan pencipta lagu itu. Single terbaru bernuansa religi yang memberikan makna dan pesan akan cinta kasih, yang dipersembahkan Sandhy untuk semua orang yang berkontribusi dalam menanggulangi Coronavirus (Covid-19).

 

Simak di HujanMusik! : “Penuh Spririt dan Emosional, Kolaborasi Kedua Sandhy Sondoro dan Lala Karmela”

 

“Lagu ini mempunyai pesan cinta kasih. Saya ciptakan bukan hanya untuk orang-orang yang berkontribusi dalam penanggulangan wabah corona saja, tetapi saya dedikasikan buat semua orang yang bermanfaat bagi manusia lainnya, bermanfaat bagi orang banyak dan juga alam semesta. Saya rasa lagu ini sangat cocok dengan kondisi saat ini,” kata Sandhy Sondoro, sebagaimana ditulisnya untuk HujanMusik!.

Sandhy menguraikan bahwa ‘Jadilah Cinta’ jika disimak liriknya, ia secara gamblang mengajak untuk saling mengasihi, menyayangi dan tidak saling benci terhadap sesama. Karena sejatinya dimanapun manusia berada seharusnya sama-sama saling mencintai.

Banyak yang menafsirkan cinta dengan cinta yang hanya ditujukan cinta dengan kekasih, atau hanya mengungkapkan kegalauan hati saja, namun dalam lagu ini cinta yang disampaikan bermakna lebih luas lagi.

“Cinta dalam lagu ini bermakna lebih luas lagi, bukan hanya cinta tentang romansa atau pacar-pacaran. Ini cinta yang mempunyai elemen terpenting di dalam kehidupan dan kemanusiaan. Ini bukan hanya ditujukan untuk Indonesia saja tapi seluruh dunia yang saling hujat dan saling membenci yang mana sejatinya kita semua saling menyayangi, mencintai dan mengasihi,” ungkap pelantun ‘Tak Pernah Padam’ ini.

Dari sisi musik yang diterbitkan tak banyak instrument yang diumbar, Sandhy Sondoro memusatkan lagu ‘Jadilah Cinta’ dibawakan dengan iringan gitar akustik dan synthesizer keyboard dari musisi Yudhistira Arianto.

Hasilnya single terbarunya kali ini terdengar syahdu dan kuat memotivasi bagi yang mendengarnya. Ketukan ringan dan minimalis, membuat lagu ini enak didengar hingga pesan yang ingin disampaikan pun mengena di hati.

“Saya berharap lagu ini bisa memotivasi seluruh dunia untuk saling menyayangi dan saling menghormati, jangan saling membenci meskipun semua hanya khayalan,” ucapnya.

“Jadilah Cinta” diproduseri sendiri oleh Sandhy dengan mixing dan mastering dilakukan oleh Brandon Stone Studio, Moscow, Rusia. Untuk perilisannya Sandhy Sondoro tetap memilih Best Beat Music sebagai label-nya.

Dengan single terbaru yang rilis pada April 2020 itu, Sandhy Sondoro berpesan agar mematuhi himbauan dari pemerintah untuk memutus rantai virus corona dengan berbagai anjuran yang telah digaungkan.

“Mudah-mudahan bisa menginspirasi orang banyak, yang tadinya jiwanya penuh kebencian berubah menjadi cinta kasih, yang mana kita harus saling mengasihi mencintai sesama manusia dan seluruh penghuni alam semesta,” pungkas Sandhy Sondoro.

….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *