Senarai Rock Alternatif NIL dalam “Cintamu Merdeka”

Senarai Rock Alternatif NIL dalam “Cintamu Merdeka”

 

Artikel : Anggitane

 

[HujanMusik!], Bogor – Senarai itu membubuhkan tanda waktu, mengajak beban pikiran terbuka ini seperti menerawang. Mencoba memahami bagaimana alur proses titian berjalan, lantas menyempatkan dirinya menjumpai awal, sebelum akhir menjadi puncak pencapaian. Senarai yang tersusun dari aneka bidak estetika, rasa dan kuasa penyelenggaranya. Menangguk cinta, cinta yang merdeka, sebagaimana narasi dalam detail musik NIL.

NIL adalah kemunculan rock alternatif yang mencuat dengan segenap energi baru. Menggelinding dari derap ranah musik kota hujan, menebas keraguan setelah sekian lama didera rindu pendengarnya. Lalu semilir “Cintamu Merdeka” pun terdengar menggetarkan, tak mengejutkan, namun cukup mengernyitkan. Mereka telah muncul dengan sesuatu yang baru.

NIL merupakan Senarai yang sama, yang tersusun sejak Randi, Dely, Rian dan Edu melepaskan diri dari bayang-bayang chamber pop bersama Cause. Kini susunan daftar itu kembali mereka kuatkan bersama Alryzqi. Kolega musisi yang sempat bermain untuk band groove metal Benigno Anthony.

Ya..dengan berangkat sebagai sebuah proyek musik terbuka, NIL menjelma menjadi grup musik asal Bogor yang rersmi tampil dengan diperkuat oleh Randi Asra Dahnial (Vocal), Dely Tambunan (Drums), Rian (Bass), Edu (Keyboard), dan Alryzqi (Gitar).

 

Simak di HujanMusik! : “Orbis Alius, Puzzle Terakhir Agresif Melankolis A Curious Voynich”

 

Narasi musik mereka dimainkan secara rock alternatif dalam bungkusan modern rock dengan sedikit suntikan blues ringan. Sedikit terdengar juga serpihan riff a la Jonny Greenwood.

Prototype “Cintamu Merdeka” menjadi unggahan perdana, single baru mereka yang direkam secara simultan di beberapa tempat di sekitaran Bogor dan Jakarta. Vokal dan Instrumen direkam di rumah Edu Kristanto dan Randi Asra Dahnial. Sementara instrument drum direkam di Fakehero Studio. Edu jugalah yang melakukan mixing materi-materi NIL

Lagu “Cintamu Merdeka” ditulis dan dinyanyikan Randi. Kisahnya sendiri bertutur soal social commentary mengenai pilihan politik yang dipaksakan, fanatisme, dan situasi spektrum sosial dan politik Indonesia di media sosial. Sebuah ranah penulisan lirik yang berkelindan tepat dengan hentakan musik alternatif yang ditawarkan oleh NIL.

NIL saat ini tengah melakukan proses rekaman untuk materi debut album mereka yang segera rilis melalui Hujan! Rekords tahun ini.

Album layak tunggu meski pandemi belum tentu kapan berlalu.

 

….

One thought on “Senarai Rock Alternatif NIL dalam “Cintamu Merdeka”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *