Kisah MORSH dan Makna Haru Dunia

Kisah MORSH dan Makna Haru Dunia

 

Artikel : Anggitane

 

[HujanMusik!], Jakarta – Pucat pasi seketika menghantui, terkenang wajah-wajah tercinta yang menanti dirumah. Hunus belati yang sudah siap mendadak lunak, emosi bela diri kembali ciut. Bukan tanpa sebab, membela diri di negeri ini bisa berujung jeruji. Dihadapan saya adalah sekumpulan bramacorah yang telah patah, tunggang langgang setelah massa keluar kandang dan membalasnya. Situasi yang membuat saya memilih menepi, sadar bahwa perbuatan keji hari ini bisa berdampak pada masa yang akan datang.

Sungguh sebuah situasi yang mengenangkan pada lagu “Haru Dunia” yang saya dengar sebelumnya.

Saya mengenalinya sejak pertama nada itu ditimbulkan. Meski nuansa piano terdengar domiman, namun latar belakang musik besutan Winky Wiryawan dan Tofan Topano tak bisa hilang begitu saja. Sajian musiknya dengan memasukkan nuansa string cukup mewakili pop elektronik yang tak begitu dominan. Apalagi vokal Diano membayang sarat lirik yang mudah dicerna.

Aaahhh…mereka memang MORSH, kolektif electronic music yang semakin matang. “Haru Dunia” menjadi single baru yang tak tercantum dalam album “Major Minor”. Sebuah potret kehidupan yang dituturkan lewat musik, tentang cerita kehidupan, keseimbangan perbuatan antara manusia dan semesta. Bahwa segala sesuati yang kita lakukan sekarang baik atau buruk, kecil atau besar, akan berdampak dan bisa berakibat pada satu lainnya.

 

Simak di HujanMusik! : “Sekuel MORSH dengan Album Perdana

 

Kemunculan “Haru Dunia” bermula ketika Tofan Topano (Bass/Synth) menemukan momentum jeniusnya menangkap fenomena. Lantas menggambarkannya melalui kedalaman makna betapa kecilnya umat manusia dihadapan Sang Pencipta ketika Dia sudah memutus takdir tertentu. Tak ada yang bisa mengelak, kecuali mereka yang enggan menerima kenyataan.

Temuan makna yang disempurnakan menjadi lirik dan komposisi bersama Winky (gitar) dan Diano (vokal). Lirik lugas dengan alunan melodi gitar yang melayang, mengantarkan kita pada realisasi yang mendalam akan kehidupan.

Nuansa musik dengan mix-feeling mood dan tarian yang pedih oleh Kinsy Kartono tergambar dalam video lirik MORSH “Haru Dunia”. Visual yang menurut saya cukup baik menterjemahkan maksud dari lagu ini.

Saya sepakat jika visualisai yang dilakukan MORSH terasa tepat untuk situasi sekarang, sebagai bentuk kekhawatiran MORSH terhadap situasi pandemi yang berdampak nyata untuk kita semua.

Video lirik “Haru Dunia” digarap oleh CreamyPandaxx & Mcraejafron, tata artistik oleh Aditya Pratama & Rifo.

Lagu ini juga sudah rilis di semua platform musik digital.

Mari kita renungi dan resapi journey yang dirasakan MORSH melalui “Haru Dunia”.

….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *