“Bon Who?” Serbuan Kode Nada Bon Galella

“Bon Who?” Serbuan Kode Nada Bon Galella

 

Artikel : Anggitane

 

[HujanMusik!], Bogor – Eksperimental itu muncul tepat pada saat rasa dahaga mendera, seperti merindukan awan menggumpal ditengah lautan. Persis sebelum badai datang menerjang, mengombang-ambing selepas puncak ombak tertinggi. Terdengar spontan meski sebenarnya itu sudah skenario alam.

Eksperimental yang sama saat saya menikmati nomor pertama dari 10 track album pertama Bon Galella, “Bon Who?”. Nomor berjudul panjang “About Cool, Think in Your Head It’s Just a Delusional Fantasy, Good!”. Rilisan yang muncul tepat pada hari pertama Ramdhan, saat sebagian besar orang menanggalkan identitas luaran dan larut dalam ibadah puasa hari pertama, 24 April 2020.

Diproduksi sebagai proyek musik eksperimen dan tata cahaya, Bon Galella ada dibalik kekuatan eksplorasi grup musik elektronik. Mereka menyebutnya musik yang berbasis teknik mekanika music 4satan, besutan Cycojano dan Fauzan Chaniago.

 

Simak di HujanMusik! : “Petualangan “Venus” Zaja und Bodevan

 

Kumpulan track digital itu mereka lepas secara gratis di platform Bandcamp sebagai upaya alternatif hiburan bagi teman-temannya yang menjalankan ibadah puasa dan juga tidak.

Proyek mereka memang benar-benar eksperimental, relatif membebaskan diri dari kungkungan dan tudingan genre tertentu. Bersikeras tidak mematok jenis musik yang diusung karena berfikir akan menghambat eksperimen dan proses kreatifnya.

Alasan kebebasan yang sama saat ditanya soal rujukan musik

“Konsep musiknya electronic music aja sih ga ada spesifik arahnya, eksplorasi aja, ” tugas Fauzan Chaniago, dalam pesan singkatnya pada HujanMusik!.

Seluruh produksi dikerjakan di Laptop kamar selama masa karantina Covid-19 oleh keduanya.

Bon Galella adalah Cycojano dan Fauzan Chaniago. Cycojano adalah seniman visual yang memiliki sisi lain sebagai desainer grafis untuk menyambung hidup. Sementara Fauzan Chaniago adalah Seniman performance yang membaktikan diri untuk ruang alternatif bernama Bengkel Tiga dan Empat.

Pada akhirnya proyek eksperimental mereka akan melebur dan dikenal sebagai musik elektronik. Serbuan aneka kode nada yang semakin meramaikan ranah musik Bogor dan sekitarnya.

Selamat untuk “Bon Who?”

….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *