Lirih Groove Vito Gusman dalam “Why This Way?”

Lirih Groove Vito Gusman dalam “Why This Way?”

 

Artikel : Anggitane

 

[HujanMusik!], Jakarta – Tentang sebuah limpasan yang tak terpikirkan sebelumnya. Sejenak menekan hasrat menikmati suara keras membahana. Menjauh dari segala keriuhan dan menepi tersebab pandemi. Saat ini saya pun harus berkutat memutar jarum imajinasi, melafalkan beberapa bab narasi nominasi R&B.

Semua tentang pertanyaan. Tak ada yang mengharapkan, taka da yang memimpikan. Nyatanya peristiwa yang kita saksikan dan dengarkan dari pemberitaan, nyata melintas dampak didepan mata. Jika boleh merujuk, saya perlu meminjam judul lagu sebagai ungkapan, meski tak sama maksud. Why this way?.

Lantas bertemulah koleksi R&B Vito Gusman yang bertajuk “Why This Way?”. Sisi groove/soul terbaru dari penyanyi yang memulai peristiwa bermusiknya secara mandiri sejak kuliah di Melbourne, Australia itu. Seperti menjumput nada-nada liar yang menggelinding disekitaran, saya berusaha efek groove tak membilur-bilur benak saya, meski itu gagal.

Groove dalam takaran sedang yang pantang dilewatkan. Kesan singkat penuh sekat meniti beat “Why This Way?” sejak permulaan. Menolak meninggalkan sebalum lagu pungkasan. Begitulah Single Vito Gusman dibawah label rekaman Pasar Malam Records. Penyanyi solo yang sempat membesut proyek musik bernama Klaudspirits yang meniti jalur musik akustik pop. Bersamanya, Vito yang berposisi sebagai gitaris juga vokalis, pada awal tahun 2019 merilis EP, “What To Expect”.

Simak di HujanMusik! : Lambaian R&B Kedua KRLY dengan “Gone Away”

Single “Why This Way?” yang berdurasi 2 menit 25 detik ini memiliki konsep simple namun terdapat riff Groove yang catchy dan sajian lirik yang eargasm terutama bagian reffrain. Sesuatu yang memang punya daya Tarik untuk pendengarnya, agar bisa sedikit enjoy.

Vito Gusman menjalani pertautan musiknya dengan membawakan kisah-kisah romansa tentang dirinya. Bersama Pasar Malam Records dan produser Nabil Swara, musiknya melintas dengan inspirasi neo-soul awal tahun 2000-an. Ada kesan Maliq & D’Essentials dan Soulvibe. Juga R&B indie kontemporer layaknya Steve Lacy atau Rex Orange County.

“Why This Way” meluncur sebagai kejutan Pop dengan nuansa Groove/Soul, sebagaimana single-single dari EP “Newgame+” yakni “Jumpstart!” dan “Satellite”. Dirilis pada Februari 2020 lalu, hadirnya Vito yang didukung Pasar Malam Records, diharapkan bisa mendorong aspirasi di ranah musik Pop Indonesia dengan unsur urban kontemporer bisa diterima lebih luas lagi.

Pasar Malam Records merupakan label rekaman yang aktif sejak tahun 2017. Pada awal kemunculannya mereka dikenal fokus pada produksi film new wave Indonesia. Langkah merilis single Vito Gusman sudah barang tentu menjadi medan tantangan yang menarik. Mereka melaju pada ranah yang lebih luas.

….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *