Menyebar Energi Positif Melalui “Pergi dan Datang”

Menyebar Energi Positif Melalui “Pergi dan Datang”

 

Artikel : Johanes Jenito

 

[HujanMusik!], Yogyakarta  – Di tengah pandemi COVID-19 yang mengharu-biru, kita pasti senantiasa dicekam rasa takut yang tak terkira. Tiap sore Juru Bicara Pemerintah mengabarkan pertambahan kasus yang kian naik dari hari ke hari. Akibatnya, pelan tapi pasti, peri kehidupan sosial dan ekonomi negeri makin merosot. Kapan derita ini akan berakhir?

Sejauh ini saya tak tahu pasti jawabnya. Tapi minggu lalu, saya temukan semangat baru saat mendengar lirik single “Pergi dan Datang” ralisan dari musisi bernama Hafizhjoys.

“Pergi dan datang, hidupkan terus berjalan. pergi dan datang, yang terbaik kan berjuang”

Kata-katanya magis di bait reffrain. Repetitif bak mantra, penuh energi positif.

Bila didengarkan pada keseluruhan lagu, tema yang diangkat musiki asal Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan ini bersifat universal. Ia tak khusus mendedikasikan lagunya untuk wabah Corona. Tapi ia meluncurkan lagunya pada momentum yang tepat, 10 Maret 2020 lalu. Tak cuma lagu, video klip juga.

 

Simak di HujanMusik! : “Jejak Rindu Mitty Zasia Kepada Ibu

 

Hafizhjoys menjelaskan makna di balik lirik lagunya lewat rilis media yang diterima HujanMusik!. Ia yang kini memilih Kota Jogjakarta sebagai tempatnya berkarir musik menyampaikan pesan bahwa bersandar pada orang lain saat keterpurukan melanda justru akan berujung kecewa. Saya sepakat dengan itu, karena pada akhirnya bukan orang lain tapi diri sendirilah yang harus bangkit menjadi lebih baik. Menggantung harapan pada orang lalin untung rugi tak sebanding. Bahkan lebih banyak tak ada untungnya.

Dalam genre Pop-rock Alternative, lagu ini dimaksudkan sebagai pembuka jalan bagi Hafizhjoys dalam permainan musik solo-nya diluar Joke of Superboys, band yang ia bangun sebelumnya. Ia telah memantapkan single pertama sekaligus menjadi single pembuka untuk album solo perdananya.

Bagi saya, lagunya turut menularkan energi positif di tengah pandemi. Bukan orang lain, tapi dari diri kita sendirilah yang patut berdisiplin bangkit dengan physical-distancing, rajin cuci tangan dan pakai masker bila keluar rumah.

Jadi, tetaplah semangat dan bikin yakin jika pandemi ini pasti berlalu.

 

….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *