“Mistreated”, Lajur Musik Kreatif Tamara dan Eka Gustiwana

“Mistreated”, Lajur Musik Kreatif Tamara dan Eka Gustiwana

Tamara Dai dan Eka Gustiwana, kolaborasi unik dalam “Mistreated”. Foto : dok.Tamara Dai-Eka Gustiwana

Artikel : Anggitane

[HujanMusik!], Jakarta – Pada suatu masa, ketika sedang muda-mudanya mencari jati diri cum aktualisasi. Keluh kesah sering terdistraksi menjadi semangat berkreasi. Menganggap bahwa ketidak mungkinan itu adalah kosong, semua pasti mungkin. Sampai-sampai menunjuk golongan bahwa tidak ada yang tak mungkin kecuali makan kepala sendiri.

Terminologi yang sama jika bisa dipinjam untuk menggambarkan situasi ketidakmungkinan jika menyimak karya kolaborasi Tamara Dai dan Eka Gustiwana. Tamara Dai adalah seorang fashion enthusiast, kesehariannya berkutat sebagai fashion designer sekaligus content creator. Sementara Eka Gustiwa adalah jaminan nama positif untuk seorang music producer-youtuber kreatif. Keduanya berkolaborasi dengan meluncurkan “Mistreated”.

Sosok Tamara Dai yang dikenal dengan style fashion yang edgy dan juga bold terlihat jelas dari content feeds instagram dan premium clothing line CASHLESS miliknya. Sedangan Eka lebih banyak dikenal dari musik kreatif di youtubenya dan musik elektroniknya bersama Weird Genius. Kolaborasi unik mereka cukup menghentak dan memicingkan minat menekuni sampai akhir.

“Mistreated” ditulis dalam bahasa inggris, liriknya bertutur tentang pengalaman seseorang yang terlalu lama digantung, atau diperlakukan tanpa kejelasan oleh kekasihnya/gebetannya. Ketika tiba saatnya sang pasangan memberi kepastian, ternyata semua sudah terlambat.

Lagu yang ditulis Eka Gustiwana dan Prince Husein ini diadaptasi dari kisah percintaan yang dekat disekitar kita. Ketika cerita itu disampaikan secara jujur, maka pendengar pun akan merasakan hal yang sama.

Sebagai produser musik Eka memiliki passion besar untuk menelurkan musisi baru yang berkualitas. Dari satu proyeksi ke proyeksi lainnya menjadi bukti bahwa ia tidak pernah berhenti melakukan artist- scouting. Perkenalan tanpa sengaja dengan Tamara Dai menjadi salah satu contohnya.

Eka paham betul Tamara Dai memiliki kualitas seorang Iconic Rising Star dimasa depan. Didukung dengan banyak lagu berkualitas, bukan hanya sekadar 1 single lalu menghilang, ia bisa menjadi talenta musik berkualitas. Tak sekedar iseng-iseng ataupun aji mumpung tapi salah satu yang membuat Eka tertarik adalah komitmen, positive vibes, dan semangatnya.

“Tidak butuh waktu banyak untuk menyelesaikan ide unik ini, seakan kami team work yang baik, kami sama- sama mampu bekerjasama di dunianya masing masing, seakan saling melengkapi antara music dan fashion,” tulis Eka dalam rilis media yang disampaikan kepada HujanMusik!.

Eka yang biasanya tampil cuek, kini tampil jauh lebih stylish. Tamara Dai yang awalnya tidak mengenal teknik vocal, kini mulai mengenal teknik vocal.
Tempo musik lagu ini dibuat seirama dengan langkah kaki catwalk seorang model, santai, namun tegas. Penggunaan notasi dan chord juga dipilih khusus untuk menunjukan pesona dan lifestyle dari seorang model. Begitulah cara Eka dan Tamara bekerja.

“Mistreated” dibuat dengan irama yang dance-able, sehingga hampir dapat dipastikan setiap yang mendengarkan lagu ini pasti minimal menganggukan kepala, karena memang sekuat itu pola irama yang dikemas oleh Eka Gustiwana. Saya tertarik dengan bagian interlude dimasukkan chopping vokal yang membuat nuansa tiba-tiba terasa gelap, bagian ini menginterpretasikan ke banyak orang bahwa dalam setiap cerita cinta, sisi gelap itu pasti ada.

Tamara Dai pun mempelajari dunia kecilnya yang sudah hampir lama ditinggalkannya, yaitu musik. Memiliki pengalaman belajar vokal di sekolah musik Elfa, membuat dirinya semakin percaya diri untuk terus kembali mengasah kemampuan vokalnya. Sebagai pendatang baru, ia tau ketika memutuskan untuk terjun ke musik, maka totalitas adalah harga mati, sama seperti dunia fashion yang telah ditekuninya selama ini. Tamara Dai yang sudah memiliki basic kemampuan bernyanyi hanya butuh waktu 2 jam untuk take vocal. Bukan hanya bernyanyi, ia pun terlibat dalam menentukan taste/rasa dari aransemen musiknya perpaduan 2 sudut pandang berbeda, fashion dan musik, membuat lagu ini terasa begitu unik. Kelugasan pesan lagu ini tersampaikan lewat karakter vokal serak

“Mistreated” kini sudah dirilis diseluruh digital platform dan lyric video beserta music video akan diupload di channel youtube Eka Gustiwana dan juga Tamara Dai.

Selamat menyimak

….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *