Sisi Electro Chill Seorang Steffani BPM dalam “About That Night”

Sisi Electro Chill Seorang Steffani BPM dalam “About That Night”

Steffani BPM, penyanyi asal Malang kembali merilis single keduanya. Foto : Anrisal Ultha

Artikel : Anggitane

[HujanMusik!], Malang – Jalan bergelombang dengan patahan sisa perbaikan aspal terlihat berserakan. Kendaraan yang saya tumpangi tampaknya tengah dikendalikan sosok yang mendambakan peran dalam film “fast and furious”. Jenis kendaraan dominan yang melaju tak menyisakan ruang kosong untuk mendahului. Derita kian mendera ketika driver memilih playlist kelas house music yang sulit untuk dinikmati.

Sekonyong-konyong saya menyesal tak membawa perangkat komunikasi yang juga berfungsi sebagai pemutar musik digital. Gawai dengan riwayat terakhir memutar “Almost” milik Steffani BPM itu sengaja saya packing bersama barang dibagasi, dengan harapan saya bisa leluasa menikmati perjalanan.

Ya sudahlah, terima saja keadaan. Abaikan suasanya yang mendera, panjangkan imajinasi menyimak koleksi musik Steffani BPM yang merilis dua single dalam dua tahun.

“Almost” masih terngiang dalam ingatan, meski sebenarnya penyanyinya baru saja merilis “About That Night”. Single yang didistribusikan secara digital oleh Yallfears pada tanggal 11 Februari 2020 itu merupakan nomor yang memiliki makna istimewa di baliknya.

Menyimak “About That Night” lebih dalam saya seperti diajak merasakan perihnya penyendiri menyaksikan sepasang kekasih menderas malam berdua. Karena faktanya lagu ini berbicara tentang sepasang kekasih yang menghabiskan malam romantis berdua.

“Sebenarnya ini berdasarkan pengalaman personal bareng mantan. Nggak ada niatan rilis sih, apalagi pas udah putus. Tapi balik lagi, masa berkarya harus terhalang gara-gara cowo yang udah jadi masa lalu?,” cerita Steffani.

Penyanyi yang menyuarakan musiknya secara R&B dan chill elektronika itu menempatkan “About That Night” tak lagi bercerita tentang dirinya, melainkan kisah banyak pasangan diluar sana yang larut dalam sebuah percakapan dan bisa menemukan banyak kesamaan serta harapan.

“About That Night” dirilis setahun setelah “Almost” mengenalkan namanya sebagai penyanyi Malang bertalenta.

Kembali berpasangan dengan Bagas Yudhiswa sebagai produser, “About That Night” menarik influens musik yang sedikit berbeda dari “Almost”. Apabila “Almost” menyajikan lantunan kental nuansa R&B dengan iringan synth minimalis, “About That Night” mengambil peran berbeda dengan aransemen sebelumnya. Nuansa chill elektronika dengan banyak layer vokal serta unsur synth mendominasi di lagu ini.

Steffani BPM mengaku kalau ia mengotak-atik lagu ini beberapa kali bersama Bagas hingga menghasilkan ambience yang ia inginkan. “Awalnya sih Bagas yang ngasih beat, terus aku langsung suka. Challenge sebenernya ada di vokal karena banyak layer. Selesai record verse, produser usul buat ngasih backing vocal dan ternyata keterusan jadi banyak layer,” ungkap Steffani.

Meski “Almost” mampu meraih lebih dari 50.000 stream di Spotify, Steffani BPM mengaku tak terbebani dalam merilis lagu keduanya. “About That Night” ia nobatkan sebagai satu langkah baik untuk menekuni kiprah bermusiknya di tahun 2020. Nomor ini pun resmi masuk ke dalam kurasi editorial Spotify untuk playlist IndieNesia, Indie Shuffle, serta New Music Friday.

Pencapaian yang wajar jika menilik niat Steffani untuk terus merilis beberapa materi lagi pada beberapa bulan ke dapan. “About That Night” bisa didengar di berbagai kanal digital seperti Apple Music, Spotify, RESSO, dan masih banyak lagi.

….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *