Notasi Angka “2/1” dalam Tekanan Rock ‘hyns

Notasi Angka “2/1” dalam Tekanan Rock ‘hyns

‘hyns’, garage rock Surabaya muncul kembali dengan “2/1”. Foto : dok.hyns

Artikel : Anggitane

[HujanMusik!], Surabaya – Masa-masa menanti takdir menghampiri kini tak lagi penting, nasib baik yang tak pernah seragam diantara manusia kekinian harus bisa jadi pelajaran bersama. Bahwa titik bangkit kesuksesan karya itu perlu diciptakan, didaulat dan lalu dijemput untuk disebarluaskan. Bukan lagi masanya berdiam diri dan berharap nasib baik akan menyertai.

Kurang lebih demikian jika saya tak salah terka, tentang proyek kolektif musik hyns dengan single berjudul “2/1”. Judul dalam angka yang menjadi titik pencapaian kolektif ini menemui rock yang menjadi jalan musik mereka nantinya.

‘hyns’ merupakan band rock Indonesia yang memulai perjalanan musik mereka sejak 2015 di Surabaya. Buntut dari penggabungan talenta Yosua Nicholas Siahaan (vokal/gitar), Ghalih Fadjar Subhakti (drum), dan dua mantan anggota lainnya yang mengisi sound gitar dan bass. Kolektif rock yang semula bernama Hyenas dan sempat merilis EP “Sketsa Ulam” pada tahun 2016 dengan kekuatan lagu seperti “Semestinya” dan “Sangkar”. EP yang menjadi titik lepasnya dua personil mereka, meninggalkan suara rock rock Hyenas yang berkarat dus lirik kritik sosial yang tajam.

Kini, dengan “2/1” mereka seperti menemukan mantel baru setelah lebih dari 3 tahun dua personil tersisa berjuang menemukan sosok yang tepat untuk mengisi posisi pemain bass dan gitar. Adalah Chendra Mitra Affandi, pemain bass yang berkomitmen bergabung dengan band pada tahun 2018. Pertemuan selera dan visi musiknya yang sama dengan jenis musik hyns. Pada saat itu, hyns memiliki pemikiran untuk mengubah suara dan arah musik mereka, terutama pada jenis musik apa yang akan mereka mainkan. Tepat pada saat mereka menggunakan ide-ide mereka untuk menciptakan sesuatu yang baru, datanglah Misbahuddin Ahmadi yang mengisi posisi pemain gitar tahun 2019.

Lantas “2/1” menjadi piagam komitmen keempatnya setelah tahun-tahun yang sulit. Keempat pria hyns merilis single pertama mereka secara digital diseluruh platform musik digital yang ada. “2/1” bercerita tentang bagaimana kita dapat dengan penuh tekanan menghadapi pertempuran di dalam diri kita. Momen dimana terperangkap antara hidup dan mati, ya dan tidak, sekarang dan kemudian, hai dan tinggal, pikiran dan jiwa, tenggelam dan berenang, kenangan dan mimpi, karena selalu ada dua: kita menang atau kalah. Dan itu untuk kita pilih.

2015 hingga 2020, dari Hyenas ke hyns, formasi rock saat ini tengah berkutat dalam proses kreatif lanjutan menuju ke pendalaman materi mereka. Demi menuju album pertama mereka yang akan dirilis pada 2021.

….

One thought on “Notasi Angka “2/1” dalam Tekanan Rock ‘hyns

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *