Debut Energi Pop Punk Claps Hand Bersama EP “Sapiens”

Debut Energi Pop Punk Claps Hand Bersama EP “Sapiens”

 

Artikel : Anggitane

 

[HujanMusik!], Bogor – Kontemplasi melanda jiwa-jiwa muda bertahta. Merenda energi mencapai tahapan maksimal mengidentifikasi jati diri mereka. Seperti energi pop punk yang tak henti-henti menderai distorsi gitar nan khas dan hentakan drum yang kuat.

Sebagaimana suar sound dari band-band pasca Sex Pistol lenyap. Sound yang cenderung cepat dan bergerak dengan beragam visi.

Banyak yang menerka, termasuk saya, bahwa energi yang diidentifikasi sebagai pop punk konon muncul bersamaan dengan meledaknya album Greenday yang diteruskan Blink 182 dan band satu leting lainnya. Padahal sejatinya ia muncul layaknya post punk setelah panutan punk 70an awal berguguran. Bisa jadi, The Dickies yang ramai jadi perbincangan setelah album “The Incredible Shrinking Dickies” rilis pada tahun 1978, masuk kategori rintisan pop punk. Sosok kolektif punk yang lebih nyaman bernyanyi tentang kultur pop dan hal-hal yang absurd dari pada cinta dan romansa.

Pop punk pun terus menggejala menemukan bentukan baru, transformasi yang niscaya harus mereka lalui hingga menebar keluar dari sarangnya. Melebar hingga masuk ke Indonesia dengan berbagai media. Dalam konteks lokal Bogor, Claps Hand bisa jadi salah satu wakil kebaruan yang berjuang menemukan bentuknya.

Terbentuk pada akhir Desember 2016, kolektif pop punk yang terdiri dari Iqbal (vocal), Piki (guitar), Fikri (lead guitar), Gerhana (bass) dan Rafly (drum) percaya bahwa usungan pop punk yang mereka dalami adalah fermentasi energi masa muda selagi bisa. Menterjemahkan pop punk sebagai versi punk yang lebih ringan dan mudah dicerna. Eksplorasi pada hal-hal kepolosan, kekonyolan hasrat bersenang-senang tanpa ujung.

Hasilnya, sebuah mini album (Extended Play/EP) meluncur menjadi pembuktian jati diri mereka dalam bermusik. Proses panjang sejak awal tahun 2019, masa dimana Claps Hand menyibukkan diri untuk menyelesaikan debut EP-nya yang berjudul “Sapiens”. EP yang terdiri dari 4 track mutasi energi dan perasaan mereka. Yaitu “Hurt”, “In Your Arms”, “ Shine Again” dan “By My Side”.

Sebagai pembuktian lain, diantara 4 track tersebut ada 1 track yang telah lebih dulu terbit sebagai single dalam bentu video klip pada pertengahan 2019, yaitu “Hurt”. Video ini sudah bisa dinikmati di kanal Youtube official band, Claps Hand.

Debut EP “Sapiens” telah mengalami proses perekaman, mixing dan mastering di studio milik Amplop Records. Bahkan nama Amplop Records juga tertera sebagai music publisher EP milik Claps Hand pada gerai musik digital semacam Spotify, Apple Music, ZDeezer, JOOX dan lainnya.

Semoga talenta pop punk lokal ini terus bergerak dan menemukan pijakan hingga menciptakan ekosistem musik mereka sendiri.

Selamat mengudara.

….

One thought on “Debut Energi Pop Punk Claps Hand Bersama EP “Sapiens”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *