Tumpahan Keresahan Alternative Rock Tres dalam “Anxiety”

Tumpahan Keresahan Alternative Rock Tres dalam “Anxiety”

Tres, trio alternative rock yang merilis single perdana “Anxiety”. Foto : dok.Benua Music

Artikel : Anggitane

[HujanMusik!], Jakarta – Intensitas tinggi tengah menyeruak, membekap psikis manusia urban yang memiliki ketengangan cukup tinggi. Tekanan demi tekanan memuntahkan pengaruhnya hingga membentuk generasi mudah patah dan pendek akal lainnya. Generasi manusia modern yang mudah tersulut dengan kemampuan menyaring informasi terbatas. Fenomena yang ditangkap dan disikapi trio rock alternative dengan merilis single bertajuk “Anxiety”.

Rilisan yang lahir berkat gejala psikologi mental mental illness yang cukup merebak di kalangan anak muda. Bagi Aldrienko Pakusadewo (guitar, vocal), Martyn Erlambang (bass), dan Wahyu Insani Akbar (drum), entah serius atau hanya ikut-ikutan, yang jelas, gangguan mental bukan hal yang seharusnya dijadikan bahan trend.

Bagi para personil band yang berdiri tahun 2019 ini, berbagai macam cara generasi sekarang menumpahkan unek-uneknya, patut menjadi perhatian. Ada yang pergi ke psikolog bahkan psikiater, ada yang sekedar curhat di media sosial, bahkan ada yang memendamnya sendiri. Tres dengan rock alternative-nya lantas memberikan contoh dengan menumpahkan kecemasannya ke dalam lagu “Anxiety”.

Aldrienko Pakusadewo dan Martyn Erlambang merupakan nama yang sempat bersama band blues funk bernama Cabron. Mereka sudah sempat merilis EP beberapa tahun lalu. Lantas keduanya meneruskan jalan bermusiknya dengan membentuk Tres. Nama Tres sendiri merupakan terjemahan Spanyol yang berarti tiga (3). Logika bercanda mereka merujuk pada kesepakatan, bahwa mereka adalah fans Pablo Escobar.

“Anxiety” merupakan lagu yang bertutur tentang keresahan pribadi sang drummer, Wahyu, yang ditumpahkannya ke dalam lagu. Ada satu masa dimana sang drummer tidak menemukan pelampiasan maksimal selain melalui lagu. Meski tidak ada penjelasan lebih lanjut, dan menyerahkan intepretasi kepada pendengarnya. Tres tetap ingin mengajak kita merenungi makna “Anxiety” untuk selanjutnya bertindak menemukan jalan keluar keresahan masing-masing.

Single Perdana Tres telah rilis secara digital di Digital Streaming Platform sejak tanggal 31 Januari melalui Benua Music. Semoga single perdana Tres mampu membuka jalan musik rock kepada khalayak yang lebih luas.

….

One thought on “Tumpahan Keresahan Alternative Rock Tres dalam “Anxiety”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *