Jeans Roek Melaju dengan Video Klip Baru

Jeans Roek Melaju dengan Video Klip Baru

Jeans Roek, punk n roll Bogor rilis video klip “Buat Loe”. Foto : dok.Jeans Roek

Artikel : Anggitane

[HujanMusik!], Jakarta – Dedaunan kering dan rumput liar terlihat memadati sebuah tanah kosong. Tanah sekedarnya yang berhasil saya dapatkan sebagai lahan uji bertani mandiri, dalam bahasa penguasaan lahan sering disebut konsesi. Bedanya saya mendapatkannya dengan niat baik meneruskan hobi mewujudkan ketahanan pangan skala lokal yang coba saya jaga asanya. Seperti seluncuran tekad, menggelinding tanpa henti karena kita menikmati prosesnya.

Pun halnya dalam konteks punk ‘n roll yang bebunyiannya diusung band asal Bogor sejak 2010. Melaju seperti kuda pacu, buliran demi buliran karya terus saja menggelinding dari kolektif bernama Jeans Roek. Setelah merilis video klip terakhir pada bulan juli 2019, pada bulan November tahun lalu Jeans Roek telah meluncurkan video klip single ke 2 dari album ke 4 mereka. Lagu dengan tajuk “Buat Loe” ditampilkan sedikit berbeda dengan karakter realis ala Jeans Roek coba tetap dijaga hingga sekarang.

“Buat Loe” menampilkan musikalitas dengan mencoba sedikit lentur. Lagu dengan lirik mudah dicerna ini bercerita tentang seorang pria yang di tinggalkan oleh kekasihnya karena hidupnya tidak bergelimang harta. Kisah yang didasarkan pada tutur latar kegalauan seorang pria baik hati yang bernama Chukoo Alfatih (penulis lyric), setelah gagal dalam romansa percintaan, ditinggal pergi pujaan hatinya yang lebih memilih pria lain lebih mapan dari dirinya.

Konsep kegalauan klise yang secara sederhana ia bawakan dan tawarkan kawanan Jeans Roek.

“Awalnya ketemu di tongkrongan ngobrol santai biasa, eh tiba tiba dikasih materi lagu sama dia suruh di garap. Awalnya gua juga bingung kenapa harus digarap sama band gua, soalnya kan lagu Jeans Roek biasanya teriak teriak aneh ga jelas gitu, eh tiba tiba di suruh garap lagu mellow. Tapi ya tetep dicoba untuk di jalanin sama anak-anak. Akhirnya kan jadi tantangan sendiri lagu kayak gini mau coba di arransemen kayak gimana sama jeans roek,” beber Koran, vokal cum pemain gitar Jeans Roek.

Tanpa banyak basa basi akhirnya mereka pun berhasil menggarap lagu tersebut dengan warna musik yang tersaji seperti sekarang ini. Diproses dan direkam di studio 143 Bogor dengan mengandalkan komposisi musik gitar, jimbe dan instrumen tambahan lainya.

“Buat Loe” digarap dengan konsep akustikan santai sesederhana mungkin. Pada lagu ini Jeans Roek di bantu oleh Dindin musisi yang dikenal sebagai pemain gitar dari Actinium untuk memainkan jimbe oleh Koran yang pada akhirnya malah menambah warna baru musik Jeans Roek. Dari semua lagu-lagunya, sampai saat ini belum pernah ada satu lagu pun yang memasukkan suara jimbe dalam musik mereka.

Proses penggarapan video klip dilakukan atas kerja sama dengan ruang liar (videographer) dan editing oleh Aji Saputra. “Buat Loe” akan menjadi satu karya yang menyisiphadir di album ke 4 Jeans Roek yang akan rilis bersamaan album ke 3 mereka tahun 2020 ini.

Sejak 2016 Jeans Roek diketahui telah menyicil materi untuk album 3 & 4 secara bersamaan. Proses panjang diantara jadwal manggung, pembuatan video klip dan jadwal rekaman yang begitu mendera energi dan perasaan. Pengunduran diri personil dan sederet problem internal memaksa band yang mengambil nama padanan bahasa sunda jeans sobek itu mengulang chemistry sedikit rumit. Dengan menyisakan Koran (vokal & gitar) & Dwi Nugrogo (Bass), didukung Anggi Febriawan (gitar) dan Sandy Aditya (drum).

Setelah menekuni berbagai rintangan, album 3 & 4 yang bertema “for all my friend I” & “for all my friend II” digagas dengan konsep kolaborasi dengan berbagai macam musisi & seniman dari kota yang sama.

Kini mereka terus saling menguatkan, menembus badai demi memastikan dobel album mereka keluar tahun ini. Semangat yang patut didukung dan semoga cepat terwujud.

Terus melaju Jeans Roek!.

….

2 thoughts on “Jeans Roek Melaju dengan Video Klip Baru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *