Gluff dan Obat Kerinduan Britpop Kota Hujan

Gluff dan Obat Kerinduan Britpop Kota Hujan

Gluff, pengusung Britpop asal Bogor yang merilis kumpulan single secara digital. Foto : dok.Forts Records

Artikel : Anggitane

[HujanMusik!], Bogor – Warna lampu traffic masih menyala merah ketika puluhan kendaraan berjejalan, berabut tempat pertama didepan marka. Tak peduli apapun jenis kendaraannya, pikiran melesat lebih awal jamak kita temui di jalanan Bogor dan tempat-tempat lain sekitarnya. Entah apa yang ada dala pikiran mereka, warna lampu menjadi tak berguna. Mengandalkan lengkingan klakson kendaraan dibelakangnya dari pada waspada dan patuh pada warna rambu.

Begitulah, pikiran negatif langsung menuduh bahwa mereka adalah kaum kebal yang tak peduli aturan. Padahal bisa jadi mereka belum paham aturan main dalam undang-undang dan nikmatnya patuh pada antrian. Perlu sesekali menghilangkan tambatan pikiran negatif, sebagaimana pesan yang disampaikan Gluff, kuartet asal Bogor yang belum lama melepas kumpulan single dari album perdananya yang direncanakan segera keluar.

Manusia hanya perlu melempar semua pikiran negatif sebuah masalah, untuk dikeluarkan dari isi kepala. Masalah hanya perlu dihadapi dengan penuh rasa percaya dan sikap optimis. Seperti kekesalan yang sering saya rasakan untuk orang-orang pelanggar rambu. Kekesalan hanya menghasilkan energi negatif. Situasi yang pada akhirnya harus dihadapi karena tak ada energi untuk konfrontasi. Ya…lebih baik dikeluarkan dan dibuang, “Throw It Out”.

Kembali kepada Gluff. Mereka adalah pengusung britpop yang tumbuh dari jejak pertemanan satu kampus di Institut Pertanian Bogor. Mereka adalah Alfian (Gitar/Back Vocal), Hafiz (Gitar/Lead Vocal), Alwan (Bass) dan Alif (Drum/Back Vocal) yang terbentuk pada awal tahun 2018. Lewat lagu mereka yang berjudul “Throw It Out”, kuartet ini seperti menunjukkan kepada khalayak bahwa mereka terinspirasi oleh band-band asal Inggris seperti; The Beatles, The Smiths, The Stone Roses, dan Oasis.

“Throw It Out” akan menjadi alah satu lagu yang masuk dalam album yang akan dirilis pada tahun ini. Sejak tanggal 24 Januari 2020 single ini dapat didengar di beberapa kanal musik digital. Beriringan dengan dua lagu tambahan sebagai B-Side, yaitu “Brighter Day” dan “Hazemaker”.

Rilisan perdana Gluff terjadi berkat kerja sama dengan Forts Records, label rekaman anyar asal kota Bogor untuk juga dipilih untuk merilis semua single dan album Gluff.

Single “Throw It Out” direkam di dua lokasi, yaitu Bens ‘n co Record dan Fakehero Record, dibantu tangan terampil Deni Noviandi dalam proses mixing dan mastering.

Mendengarkan sepintas “Throw It Out” seperti menaiki sebuah mesin waktu yang membawa kembali ke masa-masa kejayaan musik Britpop. Musik dengan sound yang lebih modern dan lirik yang sangat lekat dengan kehidupan banyak orang. Lead gitar yang penuh dan padat menjadi nilai jual tersendiri untuk lagu ini.

Pada dasarnya musik yang dimainkan oleh Gluff adalah sebuah obat tersendiri untuk kerinduan para pecinta musik yang rindu akan musik bernuansa Britpop yang dimainkan lebih segar, tapi tetap dengan ciri khas musik asal Britania Raya tersebut.

Pilihan cerdas, menyimak musik menghibur dari pada lengkingan klakson dan makian orang tak sabaran.

….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *