Coffe Reggae Stone Rilis Single Pemandu Album Kedua

Coffe Reggae Stone Rilis Single Pemandu Album Kedua

Coffe Reggae Stone, kolektif reggae asal Bandung merilis single baru. Foto : dok.Coffe Reggae Stone

Artikel : Anggitane

[HujanMusik!], Bandung  – Tempo lagu itu terdengar konstan, berderak mengiringi gemericik hujan yang turun saat saya tengah menyimaknya. Lo stesso tempo menjadi pengingat bahwa warna dalam lagu ini sejatinya sarat keriangan, tempo konsisten sejak awal bagian, kecuali penghubung menuju refrain yang lebih sederhana dari chorus. Sesi jamaican sound yang dijaga betul sebelum saya mengenali aroma pop didalamnya.

Hujan sepagian menjelang akhir tahun menjadi sarana penunjang saya bisa menikmati “Aku Bukan Pohon Uang”, single baru berjudul panjang milik Coffe Reggae Stone. Semua bermula ketika vokalis Ridho Rakhman mengirim pesan tentang karya baru kolektif pop reggae yang ber-homebase di Cicalengka Bandung itu. Sesuatu yang tak mengejutkan sebenarnya, mengingat pergerakan kreatifnya terekam dengan jelas di sosial media. Saya telah menduga dan menantikan karya jenis apa yang akan mereka keluarkan.

Dan mereka menjawabnya dengan mengirimkan materi “Aku Bukan Pohon Uang” sebagai jawabannya. Racikan yang telah mengalami proses perekaman sejak Oktober tahun 2019 lalu. Didalamnya terkandung permainan gitar David dan Nahu, pelintiran bass Doris, pijatan keyboard Bedu, hingga ketukan tertahan dari drum Adi yang bersahutan dengan perkusi Ombeh.

Sebuah korelasi antara aura musik lokal dengan reggae yang kental menyuarakan rasa tertindih ke-semena-mena-an. Paling tidak demikian yang bisa saya petik dan rangkum dari deskripsi penciptaan “Aku Bukan Pohon Uang”.

Lirik yang ditulis sendiri oleh Ridho ini menceritakan tentang bagaimana manusia tidak hanya melihat segala sesuatunya dari sisi materi. Semua tak melulu dinilai dengan uang. Manusia perlu dipandang dengan nilai yang tidak bisa digantikan dengan uang. Pesan moralnya, rawatlah dan dukunglah selalu apa yang menjadi keinginannya. Biasanya dibalik keinginan terselip cita-cita.

Uang sebenarnya hanyalah simbol kebahagiaan sesaat yang terkadang justru menjauhkan manusia dari kedamaian yang diinginkan. Selalu ada saja masalah gara-gara uang, entah itu penghasilan yang kurang atau lagi-lagi keinginan yang tidak terealisasikan karena uang.

Singkatnya, Coffe Reggae Stone hendak menjadikan lagu ini tak hanya pesan langsung, melainkan interpretasi lain yang akan menjadi penenang bagi para pendengar, bahwa sikap ‘bodo amat’-lah yang dapat menjadikan uang ada pada nomor sekian. Prinsipnya tetaplah bekerja dan berusaha agar mendapatkan kedamaian yang cukup.

“Aku Bukan Pohon Uang” merupakan single dengan durasi 4.58 menit. Dipersembahkan sebagai jembatan untuk album kedua mereka yang akan rilis tahun 2020…..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *