Energi Tinggi Indie Grunge Surabaya Bernama Brinksank

Energi Tinggi Indie Grunge Surabaya Bernama Brinksank

Brinksank, grunge Surabaya unjuk gigi dengan melepas 3 single di platform musik digital. Foto : dok.Brinksank

Artikel : Anggitane

[HujanMusik!], Surabaya – Bergerak di ranah independen tak menghalangi gerak kreativitas sebuah kolektif musik. Apalagi jika para aktivisnya bersepakat untuk terus menabrak batas normal demi eksistensi kolektif, agar tak mudah tunduk pada dominasi. Dalam batas wajar mereka akan saling menguatkan, hingga keluar satu pembuktian dalam bentuk karya. Karya yang muncul dari kejujuran, bukan contekan. Tetap menjadi diri sendiri meski menempatkan idola sebagai inspirasi.

Barangkali demikian analogi sederhana demi menggambarkan sosok para penguat Brinksank, kolektif grunge yang tumbuh dari daratan Surabaya. Meski baru terbentuk pada 2018, lima personil yang menggawangi band ini telah sukses mengawal produktifitas hingga merilis 3 lagu dalam format digital.

Tiga lagu mereka, yaitu “Dear Ratu Hatiku”, “Boneka Cantik” dan “Indie” sudah bisa disimak di Spotify, YouTube dan aneka platform music digital lainnya.

Sebagai salah satu kolektif indie yang tidak mengikuti permintaan pasar khalayak ramai. Brinksank berhak merasa lebih bebas, merdeka dan menunjukkan kemampuannya untuk berdiri sendiri. Meski tak mudah dan ada saja tertimpa ditimpa ketidak adilan dan dipandang rendah. Minim kesempatan unjuk gigi kalau tak menciptakan, bahkan ditinggalkan karena tak banyak jaringan perkawanan. Satu kondisi yang justru memberikan motivasi untuk berbuat lebih banyak dan lebih baik tentunya.

Brinksank hadir di kancah musik Surabaya dengan modal pertemanan Hanif, Ridho, Ian dan Izul. Masuknya Frans yang memperkuat divisi bass menempatkan Hanif bergeser di rythm gitar, Ridho tetap di drum dan Ian tetap di lead gitar. Sedangkan Izul fokus mengolah vokal dan melepaskan gitar demi menepis image Kurt Cobain wanna be.

“Terinspirasi dengan sang idola adalah hal yang wajar namun tidak harus sama seperti idolanya. Jadilah diri kita sendiri,” cetus Izul mengungkap alasannya.

Single terbaru bertajuk “Indie” mereka dedikasikan sebagai penyemangat, mensupport dan mengajak semua para musisi untuk memajukan karya anak bangsa terutama yang berlabel indie.

Lagu ini menjadi single terbaru dari Brinksank dengan instrumen yang berenergi tinggi. Lirik lagunya yang mudah diingat mengindikasikan semangat ekspresi yang menggebu-gebu. Single “Indie” juga rilis dalam format video lirik dengan tampilan visual stop motion. Video yang digarap secara mandiri oleh Izul, setelah merampungkan perekaman lagu di Focus Studio.

….

One thought on “Energi Tinggi Indie Grunge Surabaya Bernama Brinksank

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *