Ratapan “Make Me Proud” dan Eksistensi Rapper Daerah di Ibukota

Ratapan “Make Me Proud” dan Eksistensi Rapper Daerah di Ibukota

Basboi, rapper yang baru merilis single. Foto : dok.Basboi

Artikel : Anggitane

[HujanMusik!], Jakarta – Kata-kata itu meluncur mudah, disampaikan dengan teknik vokal yang mumpuni. Meluncur dengan cara rap yang kental, repetisi padat namun tetap bisa menyimak penggalan lirik. “persetan kata orang, aku kejar mimpiku. Lariku lebih kencang dari mobil ortumu” – kurang lebih begitu kutipannya.

Kutipan lirik itu merupakan penggalan lirik “Make Me Proud”. Single baru milik talenta rap bernama panggung Basboi. Single yang menjadi lanjutan rapper asal Bandung yang menetap di Jakarta, setelah “Fresh Graduate” rilis tahun 2019.

Basboi menulis “Make Me Proud” setelah melewati sederet perenungan dalam rangka mencari tema yang pas. Lantas atas dasar telaah yang dilakukannya, “Make Me Proud” ditulis berdasarkan rasa insecure yang dimiliki Basboi dengan statusnya sebagai rapper daerah yang tak begitu dipandang dibandingkan rapper ibukota. Rasa inferior karena rapper Ibukota lebih mempunyai keunggulan dari aset pergaulan dan pengetahuan tentang skena musik.

Permasalahan klasik yang hinggap pada setiap orang. Rasa yang bisa terjadi sebab memiliki latar belakang tak terjelaskan yang jadi alasan mengapa seringkali merasa minder dibandingkan dengan orang lain. Basboi-pun memetik pelajaran dari sebuah nasehat dari seorang teman dekat bahwa ia cukup menjadi dirinya sendiri.

Rajin bergaul dan banyak menimba ilmu membuatnya lebih percaya diri dan menerima dirinya apa adanya. Alhasil, banyak hal yang mulai membuka jalan bagi karir Basboi dan akhirnya ia bisa bangga dengan dirinya sendiri.

“Make Me Proud” adalah satu dari sekian banyak rilisan Basboi yang akan muncul di tahun 2020. Kali ini, Basboi kembali bekerjasama dengan Panji Wisnu, teman dan produser dari EP sebelumnya Fresh Graduate di 2019 – dan juga menggandeng rapper kawakan Matter Mos yang juga mengisi lagu ini. Track ini juga diproduseri oleh Stanizter.

Memulai karirnya sebagai musisi Hip-Hop/RnB di Kota Bandung. Basboi mulai terlihat membukukan karyanya dengan lagu-lagu seperti “Cozy”, “Dying Breed”, dan “Night Drive” pada tahun 2017-18, Basboi merilis EP debutnya berjudul “Fresh Graduate” di Maret 2019, yang menceritakan tentang struggle yang dimiliki remaja Indonesia pada umumnya.

Identik dengan lirik dan warna musik yang catchy dan fun untuk genre Hip-Hop/RnB, Basboi berhasil menarik perhatian Converse Indonesia dan terpilih mewakili Converse X Ambassadors dari Indonesia untuk tampil di Converse X Global Moment di Kuala Lumpur, Mei 2019, setelah sebelumnya berhasil melakoni tour Fresh Graduate yang mencakup 4 kota di Jawa-Bali.

Tidak hanya itu, Basboi kembali terpilih sebagai satu-satunya perwakilan Indonesia di Converse X Global Moment kedua di Los Angeles, Amerika Serikat, pada November 2019. Di sana, Basboi tampil bersama musisi dari kolektif Odd Future, seperti Dominic Fike dan Jasper.

….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *