Kepingan Garage Rock Happiest Lokal dengan “Toni,Margi!”

Kepingan Garage Rock Happiest Lokal dengan “Toni,Margi!”

 

Artikel : Anggitane

 

[HujanMusik!], Depok  – Kepulan asap masih membahana membekap sekeliling venue. Nyaris tak bisa membedakan mana sumbernya, sebagai penguat aura panggung rock ataukah akumulasi tembakau terbakar dari para penikmatnya. Pemandangan ini sering saya jumpai dalam berbagai panggung rock, baik live maupun streaming secara digital. Musik rock dan asap seperti dua hal yang tak mungkin lepas pada setiap pertunjukannya, bahkan sejak pertama ia ditemukan diantara tahun 40-50an, hingga berkembang saat sekarang.

Salah satunya garage rock yang menyerap energi rock and roll dengan caranya yang mentah dan energik. Saya tak tahu persis apakah ada kaitan khusus soal bekapan asap dan perkembangan musik rock. Analisa dangkal saya cuma bisa menyimak foto dan visual bergerak yang banyak bertebaran. Utamanya pada minat saya tentang garage rock yang tengah diusung Happiest Lokal, unit garage rock lokal independen yang tengah berbahagia dengan “Toni,Margi!”. Single baru yang mereka tawarkan untuk membuka tabir petualangan rock mereka seterusnya.

Happiest Lokal adalah unit garage rock dengan sedikit aksi pop didalamnya. Berdiri pada tahun 2015 akhir di depan papan majalah dinding sebuah kampus di Depok. Diperkuat Rio Lazuardo (vokal/gitar), Regi Apriadi (vokal/gitar), Ivan Wirawan (bass), dan Ferdinand (drum), Happiest Lokal menginspirasi dirinya dengan band – band garage rock terdahulu sampai Garage Rock Revival dan bertemakan lirik sosial.

Memilih tema sederhana tentang apa yang terjadi di sekitar, Happiest Lokal sempat merilis single berjudul “Orang Gila” dan “Kereta Cepat”. Memasuki tahun 2020, tepatnya pada Januari tanggal 9 Happiest Lokal membuka tahun baru dengan merilis single berjudul “Toni, Margi!”.

“Toni, Margi!” tercipta dengan latar belakang kehidupan sepasang kekasih. Menceritakan Toni yang belum tercapai impiannya menjadi bintang film dan Margi perempuan kaya raya yang hobinya menghabiskan uangnya untuk hiburan saja. Tapi keduanya mempunyai kesamaan, ramah dan saling mencintai. Menurut Rio Lazuardo penulis lagu “Toni, Margi!”, materi cerita lagunya memang sengaja dibuat dengan cara yang sederhana.

“Pas bikin tema lagunya juga sederhana, idenya ada sekitar gue. Suatu hari gue lagi naik motor lihat bapak – bapak pake topi koboi warna coklat, terus naik motor legenda didepan gue. Dan disekitarnya tuh kenal semua sama dia, saling sapa gitu. Gue berasumsi wah bapak – bapak ini kayanya asik banget orangnya. Setelah gue sampe warkop tantenya Regi langsung gue garap liriknya. Beberapa nama pria gue cari dan akhirnya gue pilih nama Toni.” Cerita Rio, seperti yang dituliskannya untuk HujanMusik!.

Sementara Margi diakuinya diambil dari nama rektor kampus yang dikaguminya. “Gue kagum banget sama dia. Selama kuliah gue ketemu dia cuma dua kali, pas ospek sama wisuda. Gue ngerasain sosoknya tuh dingin banget orangnya, kaya abis dari kutub utara. Tapi dari senyumnya keliatan fun juga sih orangnya. Jadi gue pilih Margi untuk nama wanitanya,” tambahnya.

“Toni, Margi!” diposisikan sebagai single ketika untuk EP “Rotasi Seragam”. Mini album yang direncanakan diisi 5 lagu dalam format kaset pita. Sebuah sengatan semangat independen yang kuat untuk kolektif sekolahan semodel Happiest Lokal.

Layak ditunggu!!.

….

One thought on “Kepingan Garage Rock Happiest Lokal dengan “Toni,Margi!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *