Album Elektronika Black Finit Dalam 8 Digit

Album Elektronika Black Finit Dalam 8 Digit

 

8 Digit, kelompok elektronik Jogja yang melibatkan Black Finit didalamnya. Foto : dok. 8 Digit

Artikel : Anggitane

[HujanMusik!], Yogyakarta – Malam itu saya menerima materi rilisan dengan tampilan unik dan sederhana. Hitam putih mendominasi gambar bergerak, sementara campuran merah, kuning, hitam dan sedikit putih menghiasi artwork cover albumnya. Sejenak sulit menebak maksud dibalik keluarnya EP bertajuk “Creative” yang dibesut 8 Digit. Proyek kolaborasi musisi reggae Gerson “Black Finit” dengan koleganya.

Sempat curiga apakah Black Finit hendak mempertontonkan segmen raggamuffin atau umum disebut ragga, atau setingkat lainnya membenamkan diri dengan dancehall. Bisa jadi kembali kepada reggae dengan memakai musik elektronik sebagai pengiring. Saya ragu untuk menunjuk dub karena rasa-rasanya Heru Wahyono dan Metz dalam Dub Youth lebih eksis, jadi nyaris tak terpikir.

Dan semua kecurigaan tersebut diatas adalah salah. 8 Digit adalah sebuah band yang lahir dari konsep studio jamming yang secara liar menyatukan ide-ide kreatif dari Grayce Soba, Black Finit dan Jexx Moonriver. Lantas saya menduga penyematan “Creative” sebagai judul album adalah ringkasan dari 8 single musik berbau Elektronika.

Sedikit mengulik referensi yang dikirim sebagai pengantar rilis kepada Hujanmusik!, saya mendapati hentakan beat Deep House yang dihadirkan oleh Grayce Soba sebagai produser musik-nya seolah memacu pendengar andrenalin untuk menari segera. Detail drum perkusi yang genit dari Jexx Moonriver sepertinya memperkuat lirik yang dinyanyikan oleh Black Finit dengan nuansa kental Reggae yang membuat singel seperti Only Rainbow can Stop the Rain, Pensip 12, Bird Day menjadi sebuah kumpulan musik Elektronika yang unik dan menginspirasi.

Artwork EP 8 Digit

Tautan EP nya bisa disimak disini

Kemudian dalam perjalanannya, 8 Digit berkolaborasi dengan beberapa musisi Jogja yang pada akhirnya memberikan kontribusi dengan menambahkan sesi alat musik tiup. Musisi tersebut diantaranya Doody (terompet), Iwank (trombone) dan Riofaradio (synthesizer) yang mampu menambahkan kesan eksklusif pada 3 single dan 1 intro yang direalisasikan kali ini.

8 Digit kemudian memilih bekerjasama dengan DoggyHouse Records untuk merilis debut album mereka. Konsep EP bertajuk “Creative” yang kini bisa dinikmati melalui streaming kanal digital (iTunes, Spotify dan lain sebagainya) sejak 17 Agustus 2019 lalu.

Baiklah, sejak saat ini musti bersiap-siap dengan aneka kejutan menampar lainnya dari label yang identik dengan unit ska asal Yogyakarta itu…..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *