Parau Bias Menembus Panggung Envol et Macadam di Quebec, Kanada

Parau Bias Menembus Panggung Envol et Macadam di Quebec, Kanada

Artikel : Anggitane

[HujanMusik!], Quebec (Kanada) -Raungan vokal Rudi terdengar “Parau” dan berbantahan dengan pecahan cymbal juga dentuman bass drum beradu dobel pedal. Udara malam nan dingin tengah memeluk venue Radio X Stage dengan rapat. Tetapi, malam itu Rudi, Agung dan Billy tengah berdiri dihadapan crowd yang menyaksikan festival musik Envol et Macadam di Quebec, Kanada. Sekitar 16 ribu kilometer dari Yogyakarta, markas mereka sebenarnya.

Totalitas menjadi harga mati untuk Bias, pertaruhan karisma grunge yang menghantarkan mereka pada penampilan puncak di Carburator Spring Café, Jakarta Selatan, 28 Juni silam. Penampilan yang tampaknya memikat juri Planetrox Indonesia Simon Gaudry (Founder Envol et Macadam), Ezra Simanjuntak (The Rock Campus), dan PJ Panji (Planetrox Indonesia / Heaven Records). Penampilan yang berhasil menyisihkan 4 finalis lain selepas kurasi karya yang ketat. Lantas mengutus Bias mewakili Indonesia di Le Festive Envol et Macadam, Quebec, Kanada pada 5 – 7 September 2019.

Insiden kram kaki Rudi menjadi bukti bagaimana seriusnya mereka memandang panggung utama malam itu. Bisa dimaklumi, satu panggung dengan unit hardcore asal U.S.A, Comeback Kid bukan perkara mudah. Apalagi disusul Pop Punk legendaris semacam Lagwagon.

Bagi Bias dengan formasi Rudi (Drum/Voc), Agung (Guitar/Voc), dan Billy (Bass), menembus venue utama di Kanada adalah kemewahan untuk band Indonesia seperti mereka. Di venue utama, mereka main setelah ‘La Purge’, ‘Peer Pressure’ (Canada) dan sebelum headliners ‘Comeback Kid’ juga ‘Lagwagon’.

“Awalnya merasa beban, tapi kami nggak mau menyia-nyiakan kesempatan jauh-jauh ke Kanada, ya kami habis-habisan di panggung, ternyata banyak yang terkesan, jadi kami sangat bersyukur dan menikmati setiap momen di sini, ” tulis Agung dalam siaran persnya kepada Hujanmusik!.

Dengan tampilnya mereka di Quebec, Bias mencatatkan diri sebagai band yang mengikuti jejak pendahulunya seperti Navicula, Cupumanik, Saint Loco, Murphy Radio dan beberapa band lainnya untuk menjadi Line Up dalam Festival Envol et Macadam.

Di Envol et Macadam 2019, Bias mengawali kiprahnya pada tanggal 5 September di L’anti Bar, berbagi venue bersama juara Planetrox dari Jepang ‘Akai Kurage’ dan band tuan rumah ‘Scare’. Pada hari berikutnya, 6 September 2019, barulah Bias tampil di venue utama, Radio X Stage.

Envol et Macadam adalah sebuah festival besar yang secara regular diadakan tiap tahun di downtown Quebec, Kanada. Sejumlah band ternama seperti Bad Religion, Sublime with Rome, Parkway Drive, August Burns Red, Rise Against, pernah tampil di festival ini.

Planetrox merupakan kompetisi tahunan berskala Internasional, inisiatif dari Envol et Macadam yang bekerjasama dengan kota Quebec. Event tahunan yang didukung penuh oleh pemerintahan kota Quebec (Quebec de Ville) dan dilangsungkan di beberapa negara antara lain Amerika Serikat, Britania Raya, Prancis, Jerman, Jepang dan Ceko, China, Slovakia, Mexico dan Indonesia.

Festival ini telah diadakan sejak tahun 1996, dan menjadi salah satu festival musik terbesar di Canada yang mendukung band-band alternatif, rock, punk, metal, indie pop, hip hop dan elektro.

“Indonesia selalu memiliki bakat yang mengejutkan, setiap tahunnya saya selalu ke sini untuk menilai langsung siapa yang akan bermain mewakili Indonesia, and they are (Bias) really a worthy representative for Indonesia,” ujar Gaudry tepat sesudah pengumuman Bias sebagai juara Planetrox 2019.

Nama-nama besar pernah menjadi line up diantaranya: Dinosaur Jr, SUM 41, Anti Flag, Pennywise, Bloc Party, Metric, Sinik, The Sounds, Julian Marley, Bad Religion, Mastodon, Millencolin, Hatebreed, IAM, As I Lay Dying, The Exploited, Rise Against, Lagwagon, No Use For A Name, Lights, Obey The Brave, The Vandals, Parkway Drive, hingga Madball.

“ Tentu senang jika kami diberikan kesempatan merasakan panggung Internasional, bangga juga karena akan membawa nama Indonesia,” terang Billy.

Sepulang dari Kanada, Bias juga sudah menyiapkan tambahan amunisi, berbagai materi baru yang nantinya akan tercantum di album pertama mereka, menyusul karya – karya sebelumnya di EP Basabasi.

Selamat Bias….

One thought on “Parau Bias Menembus Panggung Envol et Macadam di Quebec, Kanada

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *