“Merancang Peradaban”, Suara Keresahan Kehidupan Urban

“Merancang Peradaban”, Suara Keresahan Kehidupan Urban

 

Scenario, unit musik Jogja merilis single “Merancang Peradaban”. Foto : dok.Scenario

Artikel : Anggitane

[HujanMusik!], Yogyakarta – Mengeluarkan rilisan adalah bagian utama dari sebuah kolektif musik. Entah itu single, debut mini album maupun album penuh tak jadi soal. Rilisan pertama harus berlanjut dengan rilisan berikutnya, tak peduli berapapun jaraknya. Barangkali demikianlah yang tergambar dalam benak trio Scenario asal Yogyakarta. Mengusung perpaduan rock antar daratan, kolektif besutan Aji Wicaksono (gitar & vokal), Syukron ‘Aik’ Alaik (gitar) dan F X Septian Onggo Saputro (bas) belum lama merilis “Merancang Peradaban”. Single anyar yang menguatkan selepas satu tahun rilisnya “Resolution”.

Kabar perilisan Scenario seolah menjadi ruh baru selepas hengkangnya drummer Isti Aditya Putra dan meninggalkan 3 personil. Metamorfosis karya sejak EP “Memorabilia” dirilis 2017 silam, hingga “Merancang Peradaban” bak manuskrip menuju kematangan.

Dalam proses penggarapan lagu “Merancang Peradaban”, Scenario menggandeng Satrio Piningit Records (Yogyakarta) dan Sasi Kirono sebagai produser. Penulisan lirik serta penggarapan musik dibuat oleh Aji Wicaksono. “Merancang Peradaban” mengawali nuansa dengan alunan gitar listrik yang tenang, menyusul kemudian instrumen lainnya. Dalam pendengaran amatir saya, keluaran sound semacam memadukan rock daratan Britania dengan sound gelap Seattle.

Singkatnya, “Merancang Peradaban” seperti penyemangat ditengah hiruk-pikuk kesibukan urban.

“Secara garis besar lagu ini bertemakan tentang perjuangan orang orang yang merantau ke kota besar demi meraih cita cita entah itu untuk kuliah atau bekerja,” beber Aji, dalam rilisnya yang dikirim kepada Hujanmusik!.
Dia juga menambahkan tentang getirnya bertahan hidup sendiri di kota rantau, sekaligus merasakan gagalnya rencana yang telah disusun rapi namun tak berjalan sesuai rencana.

Proses pengerjaan single ini memakan waktu hampir 2 bulan untuk membuat versi demo “Merancang Peradaban”, hingga akhirnya masuk dapur rekaman.
Hasilnya pun tak mengecewakan, selain musik yang membangkitkan semangat para pejuang rantau adalah ilustrasi yang dibuat Ibnu Fadil yang cukup cerdas menggambarkan nuansa lagu melalui artwork “Merancang Peradaban”.

Dirilis pada tanggal 2 Agustus 2019 dalam format digital, “Merancang Peradapan” sudah bisa disimak di gerai musik digital (JOOX,Spotify,iTunes,Deezer,). Termasuk versi video lirik di kanal youtube Scenario Official.

….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *