Joe Million dan Indra Menus : Rekaman Pemanasan Menembus Dinginnya Eropa

Joe Million dan Indra Menus : Rekaman Pemanasan Menembus Dinginnya Eropa

 

Joe Million dan Indra Menus. Foto : Aditya Tama

Artikel : Anggitane

[HujanMusik!], Yogyakarta – Kerumunan merangsak memenuhi bibir area yang didapuk menjadi panggung tanpa level, roman hitam-putih seperti mewakili posisi jelas mereka diranah pergerakan musik berisik tanah air. Bergerak bebas dengan kekuatan lirik yang dimainkan dengan seksama. Hari itu, Minggu 7 Juli silam, Arkadia Communal Space menjadi saksi showcase kolaborasi antara Rapper asal Papua yang menetap di Sukabumi, Joe Million, dengan musisi Noise asal Jogja, Indra Menus. Sebuah gelaran kerjasama Otakotor Records dan Mesin Suara yang turut dimeriahkan penampilan tag team beatbox unit yang baru saja merilis album mereka ”Exegi”, BDB (Barv Di Bvad) dan tampilan visual oleh Aditya Tama.

Showcase pelepasan setelah sebelumnya selaman satu minggu Joe Million dan Indra Menus melakukan marathon brain storming ide untuk membuat komposisi baru kolaborasi kedua mereka. Untuk mendapatkan ilham dalam menulis lirik pun Joe tak segan melakukan perjalanan spiritual di pagi buta ke gumuk pasir pantai Parang Tritis di Bantul, Yogyakarta.

Lantas terciptalah 5 lirik baru yang kemudian ditambah 1 lirik lama yang digubah ulang musiknya untuk kemudian direkam di Watchtower Studio, Yogyakarta. Proses rekaman masih bersama engineer Bable Sagala (Risky Summerbee & The Honeythief/Metalic Ass). Kolabprasi audio dan jejak otak kreatif itupun akhirnya berhasil mengeksekusi 6 buah lagu secara live dalam tempo 3 jam rekaman.

Menurut kabar yang disampaikan pihak Noise Bombing Records melalui rilis media mereka kepada Hujanmusik!, pada proyek kali ini mereka mengajak Jandon Banyu dari BDB untuk mengisi beatbox di satu lagu lama Joe berjudul “Sindikat Indie”. Berkat part beatbox yang disemburkan Jandon, komposisi ini tersimak lebih rancak dengan balutan suara modular synth dan dentingan waterphone yang dipukul secara random. ), “Serikat Indie” pada akhirnya mampu dijadikan panutan—bak ujung tombak sebagai hasil kolaborasi kedua genre tersebut.

Lagu yang bercerita tentang pergerakan musik independen di arus industri ini dipilih sebagai single andalan untuk album kolaborasi kedua mereka. Lagu ini sudah bisa dinikmati disini

Pungkas merekam 6 buah lagu yang direncanakan akan dirilis dalam format kaset, kolaborasi Joe Million X Indra Menus ini mendatangi rupa aneka panggung untuk mempresentasikan musik dan karyanya. Salah satunya medium Synchronize Festival di Jakarta pada hari ketiga (6 Oktober 2019) pukul 17.00 WIB. Mereka direncanakan akan bermain di Gigs Stage bersama beberapa band lain diantaranya Skandal, Airport Radio, DOM 65, Begundal Lowokwaru, Kebunku, Kuro!, The Dissland dan ditutup oleh Straight Answer. Selain mementaskan beberapa repertoar solo-nya, Joe Million juga akan mempertontonkan 6 track hasil kolaborasi mereka.

Sebelum bermain di Synchronize Festival, mereka juga menggelar showcase di Sukabumi sehari sebelumnya (Sabtu 5 Oktober 2019). Kedua acara tersebut akan menjadi ajang pemanasan sebelum menembus dinginnya benua Eropa bulan Desember nanti. Kolaborasi mereka direncanakan akan bermain untuk Prisme Festival, Nantes (Perancis) pada 5-7 Desember 2019. Setelah sebelumnya mereka bermain di Cafe Central, Brussel (Belgia) pada 3 Desember Brussel (Belgia).

Kemudian akan dilanjutkan dengan tour ke Clermont-Ferrand (Perancis), Jenewa (Swiss), Zurich (Swiss), Lyon (Perancis), Chalon-sur-Saone (Perancis), dan akan berakhir di Paris (Perancis). Dalam tur mereka ditemani duo lokal, Ubino GT.

Selamat menjalankan ibadah tur…..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *