Tentang 90HP, Kabar Dari Hujan, dan Cara Menikmati Renjana

Tentang 90HP, Kabar Dari Hujan, dan Cara Menikmati Renjana

90HP, kolektif pop alternative asal Jakarta merilis single “Kabar dari Hujan”. Foto : dok.90HP

Artikel : Rizza Hujan

HujanMusik!, Jakarta – Hujan sedang menyapa pemujanya di bumi. Seolah ingin menyapu segala keresahan makhluk perindu sekaligus meredakan haus pada rasa yang semua orang punya. Bersamaan dengan itu, hujan bercerita tentang sekelompok manusia yang mencipta rapsodi tentangnya, menanyakan kabar seseorang padanya.

“Hujan, apa kabarnya? Masihkah Ia menangisi lukanya?” begitu katanya.

Sudah banyak seniman yang mencipta karya bersinggungan dengan hujan. Dari kubu musisi sebut saja KOIL, Cherry Bombshell, Utopia, Lepas Landas, Sigit Pramono, dan banyak lagi. Memang ada yang sekedar menyematkan kata itu karena bagian dari julukan Bogor sebagai kota hujan, tapi tidak mengurangi “keromantisan” hujan itu sendiri dan semuanya menawan. Mereka pun secara sah jadi penghuni setia daftar putar musik saya.

Tiba-tiba, ditengah rebas hujan datanglah kuartet 90 Horse Power atau 90HP membawa “Kabar Dari Hujan” yang terasa begitu istimewa. Mungkin saya sedang rindu harmoni tentang hujan saat mendengar lagu ini untuk kali pertama, atau terbuai oleh imaji lagu tersebut yang bercerita tentang perasaan rindu namun tersekati oleh keadaan yang tidak memungkinkan untuk bertemu ataupun mendapatkan kabar tentang orang yang dirindukan tersebut. Saya pikir keduanya bisa menjadi alasan kuat untuk menikmati “Kabar Dari Hujan”.

Biasanya lagu tentang rindu beraura murung dengan lirik menyayat hati dan iringan musik lirih, tapi tidak dengan “Kabar Dari Hujan” . Meski bertemakan rindu yang identik dengan kegalauan, lagu ini dibalut melodi dan ketukan bernuansa ceria, berbanding terbalik dengan isi liriknya. Melalui “Kabar Dari Hujan” 90HP seolah ingin membawa pesan bahwa renjana atau rasa rindu dapat dinikmati dengan semangat dan keceriaan selayaknya hujan deras yang kerap terjadi di tengah keriangan musim panas. Anomali, namun indah.

“Kabar Dari Hujan” dirilis unit musik yang beranggotakan Bayu Fajri Hadyan (Bass &Vocal), Ghina Salsabila (Guitar, Piano &Vocal), Irvanuddin Rahman (Drum), dan Wahyu Ramadhan(Guitar) sebagai single kedua dari Album perdana mereka yang bertajuk “Pagi Pasti Kembali”. Pelepasan single ini beriringan dengan dirilisnya vidio lirik resmi pada kanal Youtube mereka dan distribusi serempak ke radio-radio di seluruh Indonesia.

Sebenarnya karya ini bukanlah materi baru dari 90HP sebab sudah ada sejak mereka mengeluarkan Extended Play (mini album) di tahun 2016 silam dan dirilis versi akustik untuk sebuah theatreplay oleh Teater Pandora. Lagu ini juga pernah dibuat menjadi sebuah fim pendek oleh workshop film Mondiblanc, namun baru berkesempatan secara resmi menjadi single pada April 2019 ini. Betapa menggugah.

Berita baik lainnya adalah “Kabar Dari Hujan” sudah bisa dinikmati di berbagai platform musik digital seperti iTunes, Spotify, Joox, Deezer, Apple Music, dan masih banyak lagi. Tentu saja langsung masuk dalam daftar musik pilihan saya.

Akhirnya, segala celotehan akan menjadi sia-sia tanpa langkah yang nyata. Maka, segeralah dengar dan simak musik ciamik 90HP sambil menikmati kerinduan berselimutkan tetesan hujan dengan penuh keceriaan!…..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *