Ketika Math-Rock Samarinda Menjejakan Karya di Industri Musik Jepang

Ketika Math-Rock Samarinda Menjejakan Karya di Industri Musik Jepang

Trio Match-Rock Samarinda, Murphy Radio rilis debut album di Jepang. Foto : friendofminerecords.

Artikel : Anggitanee

HujanMusik!, Samarinda – Petang menjelang genap, saya sedang dalam perjalanan pulang ke rumah. Sepanjang perjalanan bersama mesin roda dua keluaran 2007 silam, benak sudah dipenuhi dan dijejali berbagai macam kabar yang terintimidasi dari obroloan diantara kopi botolan di Markas Creative Bogor awal April silam. Salah satunya seputar talenta lokal yang bergerak dalam diam, jauh dari kontroversi dan mengukir prestasi, Murphy Radio.

Baiklah, saya akui, saat itu saya tengah dalam usaha meredakan kekaguman saya pada trio match rock Samarinda yang sudah dua kali saya ulas dalam blog ini. Untungnya paket data sisa tak seberapa menjadi penyelamat mencari kutipan email yang mengirim kabar soal debut album kolektif Murphy Radio yang dirilis ulang label independen asal Tokyo, Jepang.

Prestasi menohok dari tanah borneo yang tak banyak masuk radar kancah musik nasional. Apalagi berjarak pendek dengan rilis album mereka setahun sebelumnya. Per 22 Februari 2019 lalu, melalui label Friend of Mine Records Murphy Radio resmi rilis album di negeri sakura, Jepang. Lengkap dengan narasi pengantar bahasa setempat.

Simak! : “Self-Title” dan Petualangan Audio Murphy Radio ke Kanada

Saya tak mengetahui secara detail bagaimana petualangan mereka terus berlanjut tak berkesudahan. Setelah menyebrang jauh dari tanah kelahiran untuk tampil di Kanada, lantas CD album mereka dirilis record label Singapura, dan kini albumnya sudah beredar luas untuk penikmat musik di Jepang. Prestasi tanpa henti yang membuat berdecak kalau tak boleh kagum.

Ketertarikan Friend of Mine Records terhadap karya trio Wendra, Aldi Yamin dan Amrullah Muhammad berawal saat An ATMOS Initiative, sebuah record label asal Singapura yang merilis album debut Murphy Radio, mendistribusikan CD album Murphy Radio ke Jepang melalui toko distribusi milik Friend of Mine Records. Menurut kurator label Jepang tersebut, karakter musik yang dibawakan Murphy Radio dinilai cukup potensial bila dipromosikan lebih luas di Jepang.

Lantas, dengan pertimbangan yang sangat matang, Murphy Radio sepakat dengan Friend of Mine Records untuk merilis album debut mereka dalam versi Jepang dengan tambahan dua lagu baru serta artwork cover dan packaging yang berbeda.

Artwork pada album edisi Jepang dikerjakan oleh Kiri Andou. Pendistribusian album dilakukan oleh BRIDGE INC ke beberapa toko musik di Jepang seperti Tower Records, Diskunion, HMV, Like A Fool Records, Stiffslack dan More Records. Dan untuk di Indonesia penjualan dilakukan langsung oleh Murphy Radio.

Album Murphy Radio versi Jepang

Friend of Mine Records merupakan label independeng yang banyak mendukung musisi dan label rekaman independen di seluruh dunia, untuk merilis karya mereka di Jepang.

Sejak 2007 label independen ini sudah cukup banyak merilis album/EP versi Jepang untuk band-band dan solois Math-Rock, Post-Rock dan Midwest Emo dari berbagai negara. Sebut saja Covet, Totorro, Vasudeva, Invalids, The Bulletproof Tiger, tide/edit, Gulfer, Ratboys, Yvette Young, Natalie Evans dan loqto. Murphy Radio menjadi band pertama asal Indonesia yang masuk dalam list artists Friend of Mine Records…..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *