Reborn (The Remixes), Karya Tanayu dan 10 Produser Musik Elektronik

Reborn (The Remixes), Karya Tanayu dan 10 Produser Musik Elektronik

Tanayu, satu dari sekian solois tanah air yang menampilkan suaranya dalam balutan musik Elektronik. Foto : Locker Group

Artikel : Anggitane

HujanMusik!, Jakarta – Temaram lampu menyorot panggung minimalis yang tak banyak set instrumen, kilatan cahanya sesekali menyorot kabel dan monitor laptop yang menjadi pengolah berbagai macam suara musik yang sarat hentakan. Saya mengenalinya sebagai Electronic Dance Music atau jamak orang menyebutnya EDM, lintasan gelombang yang geliatnya kian kentara menyerbu jagat musik tanah air sejak 2016.

Sejak saat itu talent potensial makin banyak bermunculan, tak hanya berpusat di Jakarta, kota lain semacam Bandung, Jogjakarta, Makasar, Bogor dan lainnya mulai muncul rilisan yang menjanjikan.

Tanayu atau yang dikenal dengan nama Intan Ayu Purnama bisa jadi salah satu talent yang merintis jejak karir bermusik bersama gelombang EDM.

Album pertamanya dalam bentuk EP bertajuk “Reborn” adalah buah kolaborasinya dengan produser Bagukalisasi. Nama terakhir terhitung produser aktif dalam ranah EDM di Indonesia. 5 lagu yang dirilis secara digital itu membuktikan representasi seorang Tanayu sebagai musisi. Meski sebelum itu Tanayu terekam jejaknya merilis single “Night & Day” bersama DJ Osvaldo Nugroho pada 2016 silam.

Berbekal keberhasilian EP pertama pada Mei tahun lalu, 11 Mei 2018 kemarin Tanayu merilis album remix perdananya yang diberi judul “Reborn (The Remixes)”.  Kali ini ia mengajak 10 produser musik ikut menyumbangkan karyanya untuk menggubah 5 lagu yang ada dalam EP Reborn. Mereka adalah CVX, NAJ (Bang bang Baby), Kimo & Gasta, KLAV (Cahaya Tiada Tara), Andezzz, Osvaldorio & Kenraka (Come True), Baguskalisasi, Frz & Mclo (Semakin Bersinar), Cristian Arry, Dmust Akira (Speak Up).

Nama-nama produser yang terlibat memang terkesan kurang familiar untuk benak musik standar, tapi tidak dengan penikmat genre musik elektronik. Tanayu sejak awal memang berniat melibatkan para produser itu menerjemahkan kelima lagunya dalam versi mereka masing-masing. Inteprtasi lagu yang tampaknya cukup memuaskan hasilnya. Menurut Tanayu hasil yang ada dalam album Reborn (The Remixes) ini sudah melebihi ekspektasinya.

Kolaborasi ini terasa spesial menguatkan pesan musik elektronik dengan suara Tanayu. Buah kerjasama dengan nama-nama baru yang sangat berbakat seperti KLAV, hingga produser berpengalaman semacam Andezzz.

Tanayu  berharap, album nya bisa memberikan penyegaran bagi penikmat musik Indonesia.

Saya rasa point terakhir cukup berhasil, paling tidak untuk telinga amatir macam saya yang hanya tahu mendiang Avicii dan David Guetta saja.

….

One thought on “Reborn (The Remixes), Karya Tanayu dan 10 Produser Musik Elektronik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *