Superiots Rayakan 9 Tahun Berkarya untuk Album ke-6

Superiots Rayakan 9 Tahun Berkarya untuk Album ke-6

Artikel : Anggitane

HujanMusik!, Bogor – Unit punkrock Bogor Superiots, Jumat (23/2) ini bakal unjuk gigi melebur bersama suporternya, Kawanriots. Jika sebelumnya mereka sukses melakukan safari punk album terbaru mereka di Jawa pada penghujung akhir tahun lalu, kali ini mereka lakukan di kandangnya, Bogor. Launching album akan dipusatkan di Cibinong City Point, Jl. Raya Bogor, Cibinong, Kabupaten Bogor. Diperkirakan venue bakalan padat oleh Kawanriots (sebutan fans Superiots) dari Bogor, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Lampung dan beberapa daerah lain. Apalagi penyelenggaraan acara ini bebas biaya alias tanpa tiket tanda masuk.

Superiots yang lahir di kota hujan Bogor pada 20 Februari 2009 silam memang dikenal sebagai unit punkrock dengan basis fans yang cukup militan. Militansi pendukung berbanding lurus dengan agresifitas karya yang terus mereka luncurkan, salah satunya “Senjata Baru” yang akan launching Jumat nanti. Total mereka sudah merilis 6 album penuh, yaitu Untuk Negri [2010], Potret Buram [2012], Kau Tetap Punk [2013], Kita Bukan Mereka [2014], Cerita Masa Lalu, Hari Ini dan Esok [2016], dan Senjata Baru [2017].

Album Senjata Baru seperti mewakili karya Superiots lainnya yang bersikap tegas soal ketidak selarasan dan keadilan saat ini. Sebagai bagian dari warga biasa, mereka turut memahami bagaimana hukum hanya tajam ke bawah tumpul ke atas. Layaknya mata pisau,  Senjata Baru disiapkan dengan lirik lagu yang tajam dan berani. Penciptaan karya yang bisa disandingkan dengan angkat senjata untuk menyuarakan perlawanan atas ketidakadilan yang terjadi.

Sama halnya ketidakadilan atas karya mereka yang banyak dibajak dan beredar secara digital. Perampasan hak atas karya yang dengan mudahnya bisa diunduh secara gratis, tanpa penghargaan apapun. Menjadi kewajiban bersama untuk memberi pemahaman bahwa karya indie perlu dihargai, bukan dilucuti atas nama berbagi. Itulah kenapa Superiots menyiapkan rilisan original dalam bentuk fisik (CD) dan digital melalui iTunes, Joox, Spotify dan lainnya.

Pencapaian album Senjata Baru juga menandai berkumpulnya mereka sebagai unit punkrock yang utuh, formasi lengkap dengan Bonet (vocal/guitar), Bime (lead guitar/backing vocal), Epang (bass/backing vocal) dan Kidoy (drum/percussion). Setelah sebelumnya Superiots berjalan bersama Bonet (vocal/bass), Azir (lead guitar) dan Aev (drum). Azir dan Aev mundur, menyisakan Bonet seorang pada 2014, hingga dibantu Ucup (drum) kurun waktu 2015-2016. Kini mereka tengah menikmati momen formasi tetap yang bertahan hingga saat ini.

Launching Senjata Baru Jumat nanti juga menandai pencapaian 9 tahun Superiots berkarya. Untuk itu mereka tak mau sendirian berbagi kebahagiaan. Peluncuran juga melibatkan beberapa kolega indie di Bogor dan sekitarnya semacam SPRM (Bogor), Oncom Hideung (Bogor), Jeans Roek (Bogor), Outstep (Bogor), Halimun (Bogor), Weft (Bogor), Amoral (Bandung) dan Next Voice Street (Bekasi).

Bukan tanpa sebab berbagi panggung dengan 8 band tersebut. Menggelar pesta kecil-kecilan demi memastikan terjadinya interaksi, menambah keakraban musisi dan penggemar musik indie Bogor dan sekitarnya.

Perlu menggarisbawahi, ini soal niat memacu skena indie Bogor lebih membara sebagai alasan utamanya. Mengajak musisi indie dalam satu panggung dan lintas genre untuk berinteraksi dalam satu skena. Menunjukkan bahwa perbedaan genre bukanlah halangan untuk bisa tampil dalam satu panggung. Mendorong bukti nyata bahwa mereka saling dukung.

Setelah Bogor rencananya Superiots akan memusatkan peluncuran penuh (Grand Launching) Senjata Baru di Bandung, 10 Maret 2018.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *