Keresahan Liar Kelompok Kecoa Terbang dalam “Sein Kanan Belok Kiri”

Keresahan Liar Kelompok Kecoa Terbang dalam “Sein Kanan Belok Kiri”

Artikel : Anggitane

HujanMusik!, Bekasi – Sebagian banyak dari orang normal cenderung menghindar kala berjumpa dengan kecoa. Makhluk yang satu ini memang memberi kesan menggelikan dan menjadi penanda sisi rendah dari makna kotor dan jorok. Apalagi jika kecoa itu terbang, tak banyak yang memilih menghadapinya jamaknya mereka akan tiarap bak menghindar benda terbang berbahaya.

Jika kecoa dihindari, tidak demikian dengan unit alternative grunge asal Bekasi Timur. Kelompok yang digawangi  oleh Anang Zainy (Vokal), Rio Riyadi (Gitar), Riansyah putra (Bass), dan Aldi Pratama (Drum) ini justru memilihnya sebagai brand aksi musik mereka, Kecoa Terbang.

Pertengahan tahun 2017 lalu mereka merilis video klip dari salah satu single mereka berjudul “Sein Kanan Belok Kiri”. Pencapaian dokumentasi musik terbaru setelah debut mini album EP “Melawan Malas” yang rilis Desember 2016 silam. “Sein Kanan Belok Kiri” adalah satu dari lima lagu yang dirilis saat itu.

Setelah berpisah dengan salah satu Indie Label di kota asal mereka, jalur kreatif tetap menancap diantara personilnya, itulah kenapa mereka terus menciptakan karya-karya yang lebih nakal dan liar.

“Sein Kanan Belok Kiri” menceritakan keresahan pribadi masing-masing personilnya, pengalaman berkendara dijalan dan kesialan berjumpa pengendara motor menggunakan lampu sein arah kanan namun dengan sangat santainya belok kearah kiri. Ide sederhana dari realitas senyatanya yang kemudian mereka angkat dalam sebuah lagu. Sebagaimana upaya mereka mengangkat tema keresahan sosial, kondisi masyarakat kita yang semakin sakit.

Karya liar yang tak ingin menghilangkan ciri khas dari Kecoa Terbang antara raungan lantang sang vokalis dengan distorsi fuzz gitar yang membara, ditingkahi dentuman drum yang keras dibalut dengan lirik-lirik yang konyol sangat terdengar ugal-ugalan. Unsur alternative rock dan grunge terdengar gamblang. Khas anak muda resah yang musiknya terkesan ugal-ugalan dan serampangan menyampaikan pesan.

Konsep dari isi video klip ini memperlihatkan berbagai cuplikan perjalanan di setiap pendaratan Kecoa Terbang diatas panggung dari awal mendarat sampai sekarang. Video klip Sein Kanan Belok Kiri bisa dinikmati di kanal streaming Youtube resmi mereka. Sedangkan untuk audionya bisa didengarkan di Spotify, ITunes, dan Deezer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *