7 Soundtrack Saat Menyatakan Cinta

7 Soundtrack Saat Menyatakan Cinta

Artikel: Rizza Hujan

HujanMusik!, Bogor – Apa itu cinta? Rasanya sulit untuk menjawab pertanyaan tersebut. Cinta terlalu abstrak untuk digambarkan, terlalu luas untuk diukur, dan terlalu manis untuk dilupakan.

Soal cinta, seorang lelaki harus punya prinsip Koleksi, Seleksi, Resepsi atau “3si” dalam hidupnya, supaya tidak ada penyesalan suatu hari nanti. Sebelum duduk di pelaminan dan melaksanakan “si” yang terakhir, kaum adam harus melewati tahapan koleksi dan seleksi.

Nah ketiga fase itu takkan pernah berakhir jika KawanHujan tidak pernah menyatakan cinta pada wanita yang disukai.

Menyatakan cinta itu krusial, harus dipersiapkan dengan sangat matang. Tempat, waktu, suasana hati mesti diperhatikan. Dan agar semua lebih berkesan, HujanMusik! punya soundtrack untuk mengiringi momen indah tersebut.

1. “Endless Love” – Lionel Richie & Diana Ross
Salah satu rilisan paling romantis dan everlasting. Usianya sudah puluhan tahun tapi masih relevan didengarkan sampai sekarang. Ajak target penembakan ke tempat romantis, sewa penyanyi atau band top 40 macam Softunes untuk menyanyikan “Endless Love” dan nyatakanlah maksudmu.

2. “Pada Suatu Hari Nanti” – Ari Reda
“….tapi dalam bait-bait sajak ini kau takkan ku relakan sendiri”. Penggalan lirik dari lagu yang begitu indah ini sangat pas guna menemani misi pernyataan cinta. Sapardi Djoko Darmono memang piawai menuliskan sajak-sajak paling romantis. Sementara Reda Gaudiamo seakan mengkhususkan proyek musiknya untuk membuat karya-karya Sapardi menjadi sebuah harmonisasi indah. Setelah sukses bersama Dua Ibu dengan “Hujan Bulan Juni”, Reda mengajak kawan lamanya Ari Malibu dan menasbihkan nama Ari Reda dalam kancah musik folk Indonesia.

Coba praktekan siasat menaklukkan pujaan hati dengan diiringi “Pada Suatu Hari Nanti”, dijamin targetmu akan luluh. Kalau tidak berhasil, maka tinggalkan saja karena komposisi musik ini lebih berharga daripada calon pasanganmu itu.

3. “Quando Quando Quando” – Michael Buble ft. Nelly Furtado
Karya lama yang kembali digandrungi setelah diaransemen dan dinyanyikan ulang oleh Michael Buble bersama Nelly Furtado. Dan nuansa romantisnya memang lebih terasa dibanding versi penyanyi aslinya.

Ajak dansa calon pasanganmu dengan lagu ini sebagai latar lalu bisikkan kata-kata mematikan dan utarakan maksudmu. Oh betapa indah saat dia menjawab “Tell me quando quando quando..” loh koq?!.

4. “Say It To Me Now” – Glen Hansard
Menyatakan cinta dengan strategi yang mumpuni adalah satu nilai lebih. Coba ajak si dia ke tempat dengan pemandangan mengagumkan seperti Pabangbon. Cari spot unik dan mulailah membawakan “Say It To Me Now” dengan gitar di tangan “…if you have something to say, just say it to me now,”. Pasti dia ‘kelepek-kelepek’. Dan dengan berurai air mata bahagia dia akan bilang “iya…”. Awwwhhh so romantic.

Tapi hati-hati jangan sampai terpeleset lalu jatuh ke jurang.

5. “Jatuh Cinta Itu Biasa Saja” – Efek Rumah Kaca
Jatuh cinta itu satu paket. Harus siap senang, susah, sekaligus kecewa. Makanya, saat akan menyatakan cinta wajib mempersiapkan dulu kondisi mental. Pesimis positif kalau kata Pidi Baiq. Jadi, anggap saja ketika KawanHujan nembak gebetan, 99% kemungkinanya akan ditolak. Dan saat itu benar-benar terjadi, KawanHujan sudah siap lahir batin.

Nah, guna menambah motivasi pesimis positif tadi, satu langkah penting untuk dilakukan adalah dengarkan lagu ini sambil berusaha cinta diterima.

6. “Bila Cinta Tak Indah Bagimu” – The Panasdalam
“…. aduhai indahnya bercinta ditolak mertua, aduhai indahnya bercinta cemburu selalu, aduhai indahnya bercinta bertengkar melulu..”.

Coba perdalam makna lirik dalam lagu ini, definisikan secara benar, lalu sampaikan pada target penembakanmu.

Jangan lupa sambil diputar lagunya, atau lebih oke jika meminta Coim dan Oncom Hideung membawakan komposisi karya pidi ini saat kamu menyatakan cinta.

7. “I Want To Say (I Love You)” – My Secret Identity
Mendengarkan My Secret Identity bisa di mana saja dan kapan saja. Makanya itu salah satu lagu mereka harus masuk dalam soundtrack pernyataan cinta. “I Want To Say (I Love You)” terpilih karena keseluruhan komposisi lagu ini sesak dengan nuansa romantis. Lirik yang begitu dalam diiringi petikan gitar akustik membuat lagu ini cocok didengarkan atau dimainkan saat menyatakan cinta. Bahkan dari judulnya saja sudah bisa tergambarkan alasan mengapa dia terpilih.

Bonus Track : “Akad” – Payung Teduh
Tidak perlu dijelaskan panjang lebar juga. KawanHujan pasti tahu kenapa lagu ini menjadi pilihan. Pernyataan cinta akan lebih bermakna jika diakhiri dengan lamaran dan berujung membacakan kalimat sakral di depan penghulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *