Lebatnya Hujan Tak Akan Seriuh Bogor Hujan Komunitas

Lebatnya Hujan Tak Akan Seriuh Bogor Hujan Komunitas

Artikel: Rizza Hujan

HujanMusik!, Bogor – Malam itu, saya sedang berkonsentrasi mengutak-ngatik tulisan Sekar berjudul “Kotak Kenangan Bernama My Secret Identity”. Supaya rasa alay dan bahasa bawah standar khas HujanMusik! terasa dalam narasi prosa njelimet yang menjadi kebiasaan Sekar.

Tepat tengah malam, sesuai dengan kebiasaan HujanMusik!, artikel itu dilepas ke tengah teman-temannya yang sudah lebih dulu bermain-bermain dalam pikiran pembaca.

Tidak lama setelah itu saya mendapat pesan di media sosial whatsapp. “Merinding gw baca tulisan Sekar. Thank u bro,” begitu kira-kira bunyinya. Rupanya Ricky, frontmant My Secret Identity (MSI, -red) kebetulan sedang berkunjung ke blog alay www.hujanmusik.id dan syukur artikel kami berkenan di hatinya. Percakapan terus berlanjut hingga lewat tengah malam. Dan dari Ricky saya mendapat informasi bahwa MSI akan manggung di GOR tapi belum tahu dalam acara apa.

Beberapa hari kemudian saya mendapatkan poster acara Bogor Hujan Komunitas (BHK) dan ternyata di sanalah My Secret Identity akan berbagi panggung bersama The Mentawais dan Mery Celeste yang sedang hype.

Bogor Hujan Komunitas adalah satu mimpi yang muncul dari benak para penggiat komunitas, yakni suatu ajang pameran komunitas terbesar di Bogor. Sejak akhir tahun 2016 tercetuslah ide untuk mewujudkannya. Dan tanggal 30 besok mimpi itu segera jadi nyata.

BHK digagas dan dimotori oleh mereka yang menyebut dirinya Bogor Ngariung. Sebuah wadah silaturahmi dan kolaborasi antar komunitas dan organisasi pegiat perubahan di Kota maupun Kabupaten Bogor. Wadah yang didirikan pada tahun 2014 lalu ini berasal dari sebuah inisiatif dari beberapa komunitas di Bogor yang selama ini selalu bergerak sendiri tanpa tahu ada komunitas lain di sekitarnya. Pada tahun tersebutlah empat pemuda gagah: Robby, Ace, Dani, dan Bahri mencoba untuk menemui perwakilan dari setiap komunitas di Bogor serta mengundangnya di salah satu sudut Kota Bogor.

Bogor Ngariung adalah buah pikiran dan harapan agar dengan bersatunya pemuda dan pemudi Bogor dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar.

Berawal dari pertemuan pertama dan terus berlanjut hingga kumpul-kumpul selanjutnya, Bogor Ngariung bersama teman-teman komunitas lainnya aktif dalam mengadakan diskusi komunitas hingga aksi-aksi lainnya, seperti aksi pungut sampah di Hutan Kota Ahmad Yani, tanam pohon, lapak baca, hingga permainan tradisional telah dilakukannya.

Saat ini sudah ada 93 komunitas dan organisasi yang tergabung dengan Bogor Ngariung. Semua komunitas tersebut terbagi kedalam 8 bidang, di antaranya; pendidikan, lingkungan, sejarah dan budaya, literasi, media dan komunikasi, sosial, olahraga, dan seni. Semua komunitas yang memiliki bidang fokus masing-masing merupakan komunitas pegiat perubahan.

Harapan yang diusung sederhana saja. Mereka berhasrat agar pergerakannya dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitarnya.

“Dengan bergeraknya teman-teman di komunitasnya masing-masing, diharapkan dapat mengatasi setiap permasalahan yang ada di lingkungannya,”  ungkap Robby, Kordinator Bogor Ngariung, pada suatu hari yang sedang sejuk.

Selain Bogor yang selalu disebut sebagai Bogor Kota Hujan, ternyata banyak semangat pemuda dan pemudi Bogor yang terpapar melalui pergerakan komunitas. Pergerakan ini bak hujan yang tidak pernah lelah membasahi tanah Bogor.

Ajang pameran Bogor Hujan Komunitas sendiri akan diselenggarakan pada 30 September – 01 Oktober 2017,  bertepatan dengan hari komunitas nasional yang jatuh pada tanggal 28 September. Acara ini digelar di GOR Padjajaran, Kota Bogor, dan merupakan buah kerja sama antara Bogor Ngariung dengan Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Bogor.

Selama dua hari, BHK akan menghadirkan pejabat, tokoh pergerakan dan komunitas Bogor. Dr. H. Bima Arya (Walikota Bogor), Resza Adytia (KALAM), kitabisa.com, H. Eko Prabowo (Kepala Dispora Kota Bogor), Doddy M. (Indonesia Community Network), Panji Aziz (ISBANBAN), Kompas, Urban Sakola, PERHUMAS Muda Bogor, Kelas Bogor, Earth Hour Bogor, OSPEK Bogor, dan Bogor Cinema akan menjejali warga bogor dengan kreatifitas dan buah pikir khas masing-masing. Jangan lupakan berbagai pameran komunitas dengan berbagai produk dan kegiatan mereka yang tentu saja layak mendapat perhatian lebih.

Sementara itu di bagian pagelaran seni, My Secret Identity, Mery Celeste, The Mentawais, Teater Leuwiliang, Beatbox Bogor, Bogor Blues Community, Bogor Raya Drumer, Komunitas Dongeng Kota Hujan, Paguyuban Mojang Jajaka Kota Bogor, Perempuan Puisi, dan Bogor Magician Community akan menjadi daya tarik dari sisi yang lebih santai. Ah, tidak sabar rasanya menunggu Sabtu yang akan menjadi hari bertemu.

HujanMusik! sendiri sudah membuat janji dengan MSI dan Coim Oncom Hideung untuk minum kopi bareng sambil berbincang ringan di tengah ramainya Hujan Komunitas. The Mentawais dan Mery Celeste, kami juga ingin bertatap muka dengan kalian, semoga alam raya mengijinkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *