7  Lagu  Tentang  Bogor

7 Lagu Tentang Bogor

Artikel dan Ilustrasi : Husni Mubabrok

HujanMusik!, Bogor – Mendengarkan “Yogyakarta”, sebuah masterpiece dari Kla Project, membuat saya membayangkan betapa asiknya jika Bogor punya soundtrack sendiri. Bukan bermaksud mengenyampingkan Mars atau Hymne yang biasanya dimiliki setiap kota, karena lagu-lagu yang saya pelajari semasa SD seperti “Tegar Beriman”, “Mars Kota Hujan”, dan “Bogor Lumingga Mekar”, tentu masih melekat dalam ingatan.

Akhirnya saya mencoba menelusuri, adakah lagu ciptakan rekan-rekan musisi yang bercerita tentang Bogor? Dan inilah hasil penelusuran saya.

1. “Plis Dong Ah” – Fade2Black

Lagu ini adalah salah satu karya awal Fade2Black, yang bercerita tentang pengalaman buruk masing-masing personilnya. Dalam liriknya, KawanHujan bisa mendengar mereka menyebut lokasi-lokasi di Bogor yang sering digunakan untuk nongkrong, seperti Warung Jambu dan Jl. Pajajaran. Meskipun cerita dalam lagu ini berkesan lucu, tapi semoga kita tak perlu mengalaminya.

2. “Bunder” – Oncom Hideung

Banyak pengamen di Bogor yang sering menyanyikan lagu ini, meski banyak dari mereka yang tak tahu siapa penciptanya. Adalah Dedi Ewan IPJ (Ikatan Penyanyi Jalanan) dan Kusnadi alias Coim, pentolan Oncom Hideung, yang menciptakannya. Dengan bahasa sederhana, lagu ini bicara tentang suasana di kota Bogor dari sudut pandang anak jalanan, mulai dari angkot, kemacetan, PKL, hingga atmosfir yang makin panas.

3. “Kota Hujan” – Lepas Landas

Lagu ini muncul ketika genre emo sedang marak-maraknya di Bogor. Bercerita tentang harapan dan kecintaan anak muda terhadap Bogor, lagu ini punya daya boost yang kuat karena begitu energik dan penuh antusias. Semakin keren lagi, karena Lepas Landas berkolaborasi dengan beberapa musisi lokal Bogor dari genre yang berbeda. Lagu ini seperti “Taman Mini”-nya musik Bogor.

4. “Semalam Di Kota Bogor” – Alfian

Melihat judulnya, mungkin KawanHujan akan teringat dengan lagu “Semalam Di Cianjur” yang manis dan melegenda. Well, selain judulnya mirip, keduanya sama-sama manis dan muncul pada masa yang sama (era 70-an) dan cukup popular di masanya. Diciptakan oleh Zaenal Arifin (Zaenal Combo), yang juga menciptakan lagu “Teluk Bayur”, dan dinyanyikan oleh Alfian, yang disebut-sebut sebagai Pat Boone-nya Indonesia.

5. “Bogor Biru” – SORE

Dalam wilayah seni rupa, warna biru cenderung didekatkan dengan suasana sedih atau muram. Yap, mood itu juga yang ada dalam lagu ini, yang digarap dengan ciri khas lagu-lagu SORE. Tidak usah berpikir terlalu banyak tentang lirik lagu ini, cukup nikmati saja, terutama ketika KawanHujan sedang merindu.

6. “Lagu Kota Hujan” – Sigit Pramono

Lagu ini bertema romantis dengan nuansa pop tahun 90-an serta dibumbui sentuhan etnis sunda. Diciptakan oleh seorang komponis dan arranger asal Bogor, Sigit Pramono, dan melibatkan musisi-musisi asal Bogor dalam penggarapannya, diantaranya Andy Lee & Iput (Vokal) dan Rio Sulaksmana (Lead Guitar).

7. “Kembali Ke Kota Hujan” – The Sakinah MW

Rindu pada kota kelahiran mungkin sering dialami KawanHujan yang bekerja di luar Bogor atau sering bepergian. Lagu berikut ini cocok untuk mendampingi perasaan itu. Bernuansa pop modern dengan sedikit sentuhan slow rock, lagu ini diciptakan dan dibawakan sepasang suami istri yang berkolaborasi dalam kelompok The Sakinah MW.

Nah, itulah lagu-lagu tentang Bogor yang saya temukan. Menarik sekali karena ketujuh lagu tersebut berbeda-beda baik secara genre maupun cerita yang disampaikan. Semoga dengan mendengar lagu-lagu tersebut, kita bisa lebih mencintai kota ini dan bersemangat untuk membuatnya lebih baik. Juga siapa tahu, KawanHujan tertarik untuk membuat lagu tentang Bogor.

Sebenarnya masih ada beberapa lagu lain yang berkaitan dengan Bogor, seperti “Mars Persikabo”, lagu “Bogor Banget” yang merupakan garapan salah satu dinas pemerintah Kota Bogor, atau lagu “Bogoh Ka Bogor” yang dibuat sebagai apresiasi Hari Jadi Kota Bogor ke 533. Untuk beberapa alasan, saya tidak mengulas lagu-lagu itu. Semoga dimaklumi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *